MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR

FIQIH SATRIAWAN ARMAL, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA`.

[img] Text
Cover.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginkatkan efektifitas pembelajaran gerak dasar melompat dengan menggunakan model permainan. Pelaksanaan ppenelitian ini dilakukakn pada bulan juni tahun 2024 yang bertepat di lapangan SDN Cempaka Putih Barat 19 Jakarta Pusat, penelitian ini diikuti oleh seluruh 45 siswa kelas 3. Metode yang digunakan pada. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development dengan metode ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrument penilaian keterampilan gerak dasar melompat yang telah divalidasi oleh ahli permainan, gerak dasar dan pembelajaran. Berdasarkan dari data awal tes diperoleh rata-rata 35,2% Kemudian setelah diberikan pembelajaran dalam penelitian untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar melompat selama 6 kali pertemuan, dilakukan tes akhir dengan diroleh rata-rata 66,49% dengan begitu terdapat peningkatan keterampilan gerak dasar melompat berbasisi permainan pada siswa kelas 3. Maka dapat disimpulkan bahwa : Model pembelajaran gerak dasar lompat untuk siswa kelas 3 SD layak dan dapat digunakan sebagai panduan guru. Model pembelajaran gerak dasar melompat pda siswa kelas 3 SD efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. This study aims to intensify the effectiveness of learning basic jumping movements using a game model. The implementation of this research was carried out in June 2024 in the field of SDN Cempaka Putih Barat 19 Central Jakarta, this research was attended by all 45 grade 3 students. The method used on. The method used in this study is Research & Development with the ADDIE method. The instrument used is a skill assessment instrument basic jumping movements that have been validated by experts in games, basic movements and learning. Based on the initial data, the test obtained an average of 35.2% Then after being given learning in research to improve basic jumping movement skills for 6 meetings, the final test was carried out with an average of 66.49% so that there was an improvement in basic jumping skills based on games in grade 3 students. So it can be concluded that: Learning model The basic movement of jumping for 3rd grade elementary school students is feasible and can be used as a teacher's guide. The basic jumping movement learning model for 3rd grade elementary school students is effective and can be used in physical education learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Samsudin, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Johansyah Lubis, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 24979 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:59
Last Modified: 07 Aug 2024 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48827

Actions (login required)

View Item View Item