PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 110 JAKARTA

GABRIELLA INEZ LARASATI, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 110 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 110 Jakarta 2024 setelah menggunakan model ARIAS. Siswa kelas XI SMA Negeri 110 Jakarta mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan berbicara bahasa Jepang. Selain karena perbedaan kosakata, struktur kalimat, dan cara pengucapa, siswa merasa kurang percaya diri dan takut salah saat berbicara dengan bahasa Jepang, sehingga mempengaruhi motivasi, keaktifan belajar, dan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Model pembelajaran ARIAS dihadirkan sebagai salah satu model pembelajaran yang dimungkinkan dapat mengatasi permasalahan siswa. Model ARIAS dikembangkan sebagai upaya merancang pembelajaran yang menarik dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan motivasi belajar siswa dalam rangkai mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan desain one-group pretest posttest. Sampel penelitian adalah 27 siswa kelas XI-H Tahun Akademik 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 2,06, sementara nilai thitung adalah 13,40. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (13,40 > 2,06) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 110 Jakarta. Berdasarkan hasil angket dapat diketahui bahwa penggunaan model ARIAS membantu meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan keaktifan siswa di kelas, serta pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. *****ABSTRACT***** This research aims to determine the Japanese speaking skills of 11th grade students of SMA Negeri 110 Jakarta after using ARIAS model. Students in grade XI of SMA Negeri 110 Jakarta have difficulty in mastering Japanese speaking skills. Apart from the differences in vocabulary, structure, and pronunciation, students feel less confident and afraid of making mistakes when speaking Japanese, thus affecting students’ motivation, activeness, and Japanese speaking skills. The ARIAS model is presented as one of the possible learning models that can overcome students’ problems. The ARIAS model was developed as an effort to create learning that is interesting and increasing students’ self-confidence and motivation to learn. The method used in this research is pre-experimental research method with one-group pretest-posttest design. The sample chosen in this research was class XI-H with a total of 27 people. The instruments used in this research were oral test and quiestionnaires. Based on the results of data analysis, it is known that the t-table with a significance of 5% is 2.06 and the t-count is 13.40. It can be said that t-count is greater than t-table (13.40 > 2.06), which means Ha is accepted and H0 is rejected. In conclusion, the ARIAS model effectively enchances the Japanese speaking skills of grade XI students of SMA Negeri 110 Jakarta. Based on the questionnaire results, it can be seen that the use of the ARIAS model helps increase students’ self-confidence, motivation, activeness in class, and makes learning more enjoyable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nia Setiawati, M.Pd. ; 2) Eva Jeniar Noverisa, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 24990 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:04
Last Modified: 07 Aug 2024 00:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48932

Actions (login required)

View Item View Item