PENGARUH KREDIBILITAS STREAMER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI E-COMMERCE

AFIFAH NURUL FAUZIYAH, . (2024) PENGARUH KREDIBILITAS STREAMER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI E-COMMERCE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat antara penjual dengan konsumen. Kesempatan interaksi antar pengguna membuat berbagai platform media sosial berinovasi dengan menghadirkan fitur live shopping. Sebagai fitur yang terbilang baru pada e-commerce, live shopping telah menjadi alat pemasaran baru yang semakin populer termasuk Indonesia salah satunya pada platform social commerce Tiktok. Pada live shopping, untuk dapat mempengaruhi pembelian salah satu faktor nya yaitu streamer. Namun, ekspansi live shopping yang cepat tidak memungkiri adanya fakta terdapat streamer yang baik dan buruk, serta tingginya peningkatan penjualan masih bertentangan dengan realita mayoritas konsumen yang masih ragu menggunakan fitur tersebut untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kredibilitas streamer live shopping di Tiktok, keputusan pembelian produk fashion, serta mengetahui pengaruh kredibilitas streamer yang terhadap keputusan pembelian produk fashion. Indikator kredibilitas streamer yang digunakan adalah daya tarik, keterpercayaan, dan keahlian. Serta indikator keputusan pembelian yang digunakan adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan kredibilitas streamer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung sebesar 5,995 dan nilai sig. sebesar 0,00. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.523, maka dapat diartikan 52,3% keputusan pembelian produk fashiondipengaruhi oleh kredibilitas streamer sedangkan sisanya 47,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. ***** Social media provides an opportunity for closer interaction between sellers and consumers. The opportunity for interaction between users has made various social media platforms innovate by presenting live shopping features. As a relatively new feature in e-commerce, live shopping has become a new marketing tool that is increasingly popular, including Indonesia, one of which is on the Tiktok social commerce platform. In live shopping, to be able to influence purchases, one of the factors is the streamer. However, the rapid expansion of live shopping does not deny the fact that there are good and bad streamers, and the high increase in sales is still contrary to the reality of the majority of consumers who are still hesitant to use this feature to make purchases. This study aims to obtain information on the credibility of live shopping streamers on Tiktok, purchasing decisions for fashion products, and determine the effect of streamer credibility on purchasing decisions for fashion products. The streamer credibility indicators used are attractiveness, trustworthiness, and expertise. As well as indicators of purchasing decisions used are need recognition, information search, alternative evaluation, purchase decisions and post-purchase behavior. The research method uses a survey method with a quantitative approach. The research sample amounted to 100 respondents with data collection using a questionnaire. The data analysis used is simple regression analysis. The results of data analysis show that streamer credibility has a positive and significant effect on purchasing decisions with a tcount of 5.995 and a sig. value of 0.00. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.523, it means that 52.3% of purchasing decisions for fashion products are influenced by streamer credibility while the remaining 47.7% is influenced by other factors outside the study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. phil. Yeni Sesnawati, S.Pd., M.T. ; 2). Dr. Dewi Suliyanthini, A.T., M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Afifah Nurul Fauziyah .
Date Deposited: 07 Aug 2024 23:28
Last Modified: 07 Aug 2024 23:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49070

Actions (login required)

View Item View Item