HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP ONLINE FEAR OF MISSING OUT (ON-FOMO) PADA GEN Z PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK

SYIFA KLARISSA PUTRI, . (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP ONLINE FEAR OF MISSING OUT (ON-FOMO) PADA GEN Z PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, abstrak, lembar pengesahan, lembar originalitas, surat pernyataan persetujuan publikasi, kata pengantar, dan daftar isi.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan konsep diri dan Online Fear of Missing Out (ON-FoMO) pada Gen Z pengguna media sosial instagram dan tiktok. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan untuk variabel konsep diri adalah Tennessee Self-Concept Scale (TSCS) oleh Fitts (1971) dan dimodifikasi oleh Hanifah Hikmat (2018), untuk variabel online fear of missing out menggunakan alat ukur ON-FoMO oleh Sette (2020) dan dimodifikasi oleh Kurniawan dan Rahayu (2023). Sampel pada penelitian ini yaitu 183 Gen Z pengguna media sosial tiktok dan instagram dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara konsep diri dan online fear of missing out. ***** This study was conducted to see the effect of self-concept and online fear of missing out (ON-FoMO) on Gen Z social media users of Instagram and TikTok. This study uses a quantitative method. The measuring tool used for the self-concept variable is the Tennessee Self-Concept Scale (TSCS) by Fitts (1971) and modified by Hanifah Hikmat (2018), for the online variable fear of missing out using the ONFoMO measurement tool by Sette (2020) and modified by Kurniawan and Rahayu (2023). The sample in this study is 183 Gen Z users of social media tiktok and instagram using purposive sampling techniques. The data processing method uses the SPSS 27.0 application. The results showed that there was no connection between self-concept and online fear of missing out. Keywords: self concept, online fear of missing out, social media tiktok, social media instagram

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reny Rustyawati, S.Pd., M.A. ; 2). Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 24566 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:50
Last Modified: 08 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49220

Actions (login required)

View Item View Item