PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK @VINAMULIANA TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI MENGENAI TIPS MENDAPATKAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RIZKI ANINDIA PUTRI, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK @VINAMULIANA TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI MENGENAI TIPS MENDAPATKAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial TikTok dapat menjadi sarana untuk melaksanakan penyebaran informasi dan sarana berkomunikasi. Terdapat banyak sekali konten kreator TikTok yang aktif dalam membagikan informasi untuk para pemakai media sosial TikTok lain yang mempunyai kebutuhan informasi terkait. Salah satu konten kreator yang gencar dalam melaksanakan penyebaran informasi adalah Vina Muliana melalui akun TikTok @vinamuliana. Penelitian ini meneliti media sosial TikTok @vinamuliana yang membagikan informasi mengenai tips mendapatkan pekerjaan. Penelitian ini bermaksud agar dampak dari media sosial TikTok @vinamuliana kepada kebutuhan informasi mengenai tips mendapatkan pekerjaan dapat diketahui. Teori yang dipakai merupakan teori new media yang dikemukakan oleh Pierre Levy. Teori new media menggambarkan media yang tidak hanya menekankan pada penyebaran informasi, melainkan media yang lebih terbuka, fleksibel, dan dinamis, sehingga para pemakainya dapat ikut partisipasi dalam media yang lebih interaktif. Dalam kajian ini terdapat dua variabel, yaitu media sosial dan kebutuhan informasi. Media sosial mencakup lima dimensi, yaitu accessibility, speed, interactivity, longevity, dan reach. Kemudian, kebutuhan informasi mempunyai empat dimensi, yaitu current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, dan catching-up need approach. Pendekatan kuantitatif kepada positivisme merupakan paradigma yang dipakai dalam kajian ini. Sejumlah 84 sampel dari populasi total 506 orang diberikan survei melalui formulir Google, yang merupakan metode yang diaplikasikan. Peneliti menerapkan purposive sampling, memilih peserta berlandaskan karakteristik yaitu mahasiswa aktif program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta dan telah mengikuti akun TikTok @vinamuliana sejak tahun 2021. Selanjutnya, teknik analisis data yang dipakai adalah analisis univariat dan bivariat memanfaatkan analisis regresi linear dasar. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa media sosial TikTok @vinamuliana berpengaruh signifikan kepada kebutuhan informasi mengenai tips mendapatkan pekerjaan pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta, dengan data yang terbukti bersifat homoskedastis, berdistribusi normal, dan linier. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh pada media sosial TikTok @vinamuliana kepada kebutuhan informasi mengenai tips mendapatkan pekerjaan. Sebagian besar responden setuju bahwa media sosial TikTok @vinamuliana melaksanakan penyebaran informasi dengan cepat, yang mana sebagian responden juga setuju bahwa media sosial TikTok @vinamuliana dapat memenuhi kebutuhan informasi followers yang membutuhkan informasi terbaru mengenai tips mendapatkan pekerjaan. Media sosial TikTok @vinamuliana dapat diakses oleh siapa saja yang mempunyai kebutuhan informasi mengenai tips mendapatkan pekerjaan, yang mana responden membutuhkan informasi terbaru sehingga membuatnya terdorong untuk selalu aktif dalam pencarian informasi terbaru. Media sosial TikTok @vinamuliana terbukti dapat memenuhi kebutuhan informasi followersnya dengan membagikan informasi dalam waktu singkat. Namun demikian, diharapkan agar pihak media sosial TikTok @vinamuliana dapat menciptakan ruang diskusi serta membuka obrolan di kolom komentar sehingga followers dapat lebih tertarik untuk melaksanakan interaksi. Selain itu, diperlukan adanya peningkatan dalam pembuatan konten yang memuat informasi dengan lebih mendalam agar dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan informasi yang mendalam mengenai tips mendapatkan pekerjaan. Kata Kunci : Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Informasi Tips Mendapatkan Pekerjaan ***** TikTok social media can be a means of disseminating information and a means of communicating. There are lots of TikTok content creators who are active in sharing information with other TikTok social media users who have related information needs. One of the content creators who is aggressively disseminating information is Vina Muliana Through her TikTok account @vinamuliana. This research examines the social media TikTok @vinamuliana which share information about tips for getting a job. This research aims to determine the influence of social media TikTok @vinamuliana on information needs regarding tips for getting a job. The theory used is the new media theory put forward by Pierre Levy. New media theory describes media that does not only emphasize the dissemination of information, but media that is more open, flexible and dynamic, so that users can participate in more interactive media. There are two variables in this research, namely social media and information needs. Social media has five dimensions, namely accessibility, speed, interactivity, longevity, and reach. Then, information needs have four dimensions, namely current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, and catching-up need approach. The positivist paradigm with a quantitative approach is the paradigm applied in this study. A Google Form survey was employed as the methodology, and it was sent to 84 samples out of the 506 total respondents. Purposive sampling is the method employed by the researchers for sampling, and the criteria include students enrolled in the Communication Science study program at Jakarta State University who have followed the @vinamuliana TikTok account since 2021. Then, univariate and bivariate analysis using basic linear regression analysis is the data analysis technique applied. The research findings indicate that students enrolled in the Jakarta State University Communication Science Study program have substantial information needs about job-seeking tips thanks to the social media platform TikTok @vinamuliana. The data analyzed in this study is homoscedastic, normally distributed, and linear. Accordingly, it may be said that Ha is accepted and Ho is refused, i.e., there is a social media effect on TikTok @vinamuliana on the need for information regarding advice on how to land a job. Most respondents agreed that social media TikTok @vinamuliana disseminates information quickly, whereas som respondents also agreed that social media TikTok @vinamuliana can meet the information needs of followers who need the latest information regarding tips for getting a job. TikTok social media @vinamuliana can be accessed by anyone who needs information regarding tips for getting a job, where respondents need the latest information, thus encouraging them to always be active in searching for the latest information. TikTok social media @vinamuliana is proven to be able to meet the information needs of its followers by sharing information in a short time. However, it is hoped that social media TikTok @vinamuliana can create a discussion space and open chat in the comments column so that followers can be more interested in interacting. Apart from that, there is a need to increase the creation of content that contains more in-depth information in order to fully meet the need for in-depth information regarding tips for getting a job. Keywords : Social Media, Information Needs, Information on Tips for Getting a Job

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maulina Larasati Putri, S.Sos., M.I.Kom. ; 2). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum, S.Sos., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 24330 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:08
Last Modified: 09 Aug 2024 00:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49280

Actions (login required)

View Item View Item