HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR TATA RIAS PENGANTIN BUGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MELI SABET, . (2024) HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR TATA RIAS PENGANTIN BUGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER. pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1. pdf.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 2. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf

Download (497kB)
[img] Text
LAMPIRAN. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR TATA RIAS PENGANTIN BUGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Program Pascasarjana Meli Sabet ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan antara lingkungan sosial dengan hasil belajar tata rias pengantin Bugis, (2) ada tidaknya hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar tata rias pengantin Bugis, (3) ada tidaknya hubungan antara lingkungan sosial dengan efikasi diri pada mahasiswa Tata Rias UNJ, dan (4) ada tidaknya hubungan antara lingkungan sosial dan efikasi diri secara bersama-sama dengan hasil belajar tata rias pengantin Bugis. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif asosiatif yang mengukur hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat dan menggunakan metode dengan teknik analisis korelasional. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Tata Rias. Waktu pengumpulan data dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juni 2024. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias Angkatan 2022 yang telah menerima materi tata rias pengantin Bugis berjumlah 22 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara Lingkungan Sosial (X1) terhadap variabel Hasil Belajar (Y) dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel, atau 48,92081 ≥ 2,086. (2) Terdapat hubungan Efikasi Diri (X2) terhadap variabel Hasil Belajar (Y) dengan nilai thitung X1Y lebih besar dari ttabel, atau 69,093 ≥ 2,086. (3) Terdapat hubungan antara Lingkungan Sosial (X1) dengan Efikasi Diri (X2) nilai thitung X1 X2 lebih besar dari ttabel, atau 3,02235 ≥ 1,725. (4) Terdapat hubungan antara lingkungan sosial (X1) dan efikasi diri (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar (Y) dengan nilai Fhitung XIX2Y lebih besar dari Ftabel, atau 14,29 ≥ 3,52. Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Efikasi Diri, Hasil Belajar, Tata Rias Pengantin Bugis THE RELATIONSHIP OF THE SOCIAL ENVIRONMENT AND SELF-EFFICACY WITH BUGIS BRIDAL MAKE UP LEARNING OUTCOMES FOR STUDENTS OF THE MAKEUP EDUCATIONAL PROGRAM STUDY STATE UNIVERSITY OF JAKARTA Graduate program Meli Sabet ABSTRACT This study aims to determine: (1) the existence of a relationship between social environment and learning outcomes in Bugis bridal makeup, (2) the existence of a relationship between self-efficacy and learning outcomes in Bugis bridal makeup, (3) the existence of a relationship between social environment and self-efficacy among students of the Beauty Education Program at Universitas Negeri Jakarta, and (4) the existence of a relationship between social environment and self-efficacy together with learning outcomes in Bugis bridal makeup. This research belongs to the quantitative associative research that measures the relationships between independent variables and dependent variables using correlational analysis techniques. The research was conducted in the Beauty Education Program at Universitas Negeri Jakarta. Data collection took place from April to June 2024. The subjects were students of the 2022 cohort who received training in Bugis bridal makeup, totaling 22 students. The results of this study indicate that: (1) There is a significant relationship between Social Environment (X1) and Learning Outcomes (Y) with a computed t-value greater than the critical t-value (48.92081 ≥ 2.086). (2) There is a significant relationship between Self-Efficacy (X2) and Learning Outcomes (Y) with a computed t-value X1Y greater than the critical t-value (69.093 ≥ 2.086). (3) There is a significant relationship between Social Environment (X1) and Self-Efficacy (X2) with a computed t-value X1 X2 greater than the critical t-value (3.02235 ≥ 1.725). (4) There is a significant combined relationship between social environment (X1) and self-efficacy (X2) with learning outcomes (Y) with an F-value XIX2Y greater than the critical F-value (14.29 ≥ 3.52). Keywords: Social Environment, Self-Efficacy, Learning Outcomes, Bugis Bridal Makeup

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum 2). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Tata Rias > Asesoris Pakaian
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 23182 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:57
Last Modified: 08 Aug 2024 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49398

Actions (login required)

View Item View Item