FATIA TRI RIZKI AMELIA, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN BLOK DIENES KELAS III SDN SETIABUDI 01 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (773kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan Block Dienes pada siswa kelas III B SDN Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 22 orang. Penelitian dimulai pada bulan Mei 2024 pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan Block Dienes yiatu dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Pada siklus I dan II hasil belajar matematika mencapai persentse ketuntasan yaitu 68% dan 85%. Pencapaian hasil pemantau tindakan guru pada siklus I dan II sebesar 73,3% dan 86,7%, sedangkan pencapaian hasil pemantau tindakan siswa pada siklus I dan II sebesar 71,7% dan 85%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Block Dienes dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas III Sekolah Dasar. ***** This classroom action research aims to improve mathematics learning outcomes through the use of Block Dienes for 22 students in class III B at SDN Setiabudi, South Jakarta. Research began in May 2024 in the second semester of the 2023/2024 academic year. The research method used is classroom action research model Kemmis and Mc. Taggart with four stages in each cycle, namely, planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected throught observation and tests. Data analysis was carried out by calculating the percentage of test scores at the end of each cycle. The results of research through learning mathematics using Block Dienes can improve Mathematics learning outcomes. In cycles I and II, mathematics learning outcomes reached a completion percentage of 68% and 85%. The achievement of teacher action monitoring results in cycles I and II was 73.3% and 86.7%, while the achievement of student action monitoring results in cycles I and II was 71.7% and 85%. The implication of this research is that Block Dienes can be used as a way to improve Mathematics learning outcomes in class III of elementary school
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 23132 not found. |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 00:27 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 00:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49413 |
Actions (login required)
View Item |