PENGEMBANGAN MEDIA MONORA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD

FIRYAL NABILAH PUTRI ABINKA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MONORA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II..pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III..pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV..pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan media pembelajaran yaitu berupa permainan monopoli sebagai penunjang dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) tepatnya pada materi Gaya yang terdapat pada bab tiga. Media ini diharapkan akan meningkatkan semangat belajar siswa dengan tampilannya yang menarik serta perpaduan warna dan gambar yang cukup menarik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 peserta didik kelas IV-B SDN Cilebut 02. Jenis metode yang digunakan untuk mengembangkan media permainan monopoli adalah model ADDIE, yang terdiri dari atas 5 langkah yaitu, analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa permainan monopoli untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Untuk mendapatkan saran mengenai kelayakan media, dilakukannya validasi kepada tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa dengan hasil skor rata-rata yaitu 85,55% dengan kategori sangat baik. Uji coba selanjutnya ke pada peserta didik melalui dua tahap yang berbeda jumlah peserta didiknya, tahapannya yaitu one to one, dan small group menghasilkan skor rata-rata sebesar 98,99% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh validasi kepada para ahli dan uji coba kepada peserta didik kelas IV B maka media pembelajaran berbasis permainan monopoli layak digunakan untuk peserta didik dalam kegiatan belajar IPA kelas IV Sekolah Dasar. ***** This research and development aims to produce learning media, namely in the form of a monopoly game as a support in learning Natural Sciences (Science), specifically the Style material contained in chapter three. It is hoped that this media will increase students' enthusiasm for learning with its attractive appearance and a combination of colors and images that are quite attractive. The sample in this research consisted of 9 students in class IV-B of SDN Cilebut 02. The type of method used to develop monopoly game media was the ADDIE model, which consists of 5 steps, namely, analysis, planning, development, implementation and evaluation. Data collection techniques in this research are observation, interviews and questionnaires. This development research produced a learning media product in the form of a monopoly game for fourth grade elementary school students. To get advice regarding the suitability of the media, validation was carried out with three experts, namely media experts, material experts, and language experts with an average score of 85.55% in the very good category. The next trial on students went through two stages with different numbers of students, the stages were one to one and small group, resulting in an average score of 98.99% in the very good category. Based on the results obtained from validation with experts and trials with class IV B students, monopoly game-based learning media is suitable for use by students in class IV elementary school science learning activities. Keywords: Learning media, monopoly game, Natural Sciences (IPA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd.; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25070 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:08
Last Modified: 09 Aug 2024 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49514

Actions (login required)

View Item View Item