HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEBON JERUK

AISYAH NURHIKMAH, . (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEBON JERUK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pemecahan masalah IPA dengan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V sekolah dasar di kecamatan Kebon Jeruk pada tahun 2024 dengan 113 sampel yang merupakan siswa kelas V di SDN Kelapa Dua 01, SDN Kelapa Dua 03, SDN Kelapa Dua 05 dan SDN Kelapa Dua 06. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan model penelitian sederhana hubungan variabel X dengan variabel Y. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal uraian dan non tes berupa angket. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dan uji signifikansi korelasi (uji-t). Berdasarkan perhitungan uji korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,341 dan uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel (3,82 > 1,98). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis altenatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemecahan masalah IPA walaupun dengan tingkat derajat korelasi yang rendah. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 11,61% dimana sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran IPAS ditentukan oleh kemampuan pemecahan masalah IPA, selebihnya sebesar 88,39% ditentukan oleh faktor lain. Oleh sebab itu, kemampuan pemecahan masalah IPA perlu ditingkatkan dan ditanamkan pada diri siswa agar mampu meningkatkan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran IPAS pada diri siswa kelas V sekolah dasar.*****This study aims to determine the relationship between science problem-solving ability and environmental awareness attitude in IPAS learning among fifth-grade elementary school students in Kebon Jeruk district in 2024. The study involved 113 samples consisting of fifth-grade students from SDN Kelapa Dua 01, SDN Kelapa Dua 03, SDN Kelapa Dua 05, and SDN Kelapa Dua 06. The research method used was a quantitative approach with a correlational method. The sample was selected using a random sampling technique with a simple research model relating variable X to variable Y. Data collection was carried out using test instruments in the form of essay questions and non-test instruments in the form of questionnaires. Data were analyzed using the product-moment correlation test and correlation significance test (t-test). Based on the calculation of the product-moment correlation test, an r value of 0.341 was obtained, and from the t-test, it was found that tcount > ttable (3.82 > 1.98). These results indicate that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected, thus it can be concluded that there is a positive relationship between science problem-solving ability and environmental awareness attitude, although the degree of correlation is low. The calculation of the coefficient of determination resulted in a value of 11.61%, indicating that environmental awareness attitude in IPAS learning is determined by science problem-solving ability, while the remaining 88.39% is determined by other factors. Therefore, science problem-solving ability needs to be enhanced and instilled in students to improve their environmental awareness attitude in IPAS learning among fifth-grade elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22880 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:58
Last Modified: 09 Aug 2024 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49530

Actions (login required)

View Item View Item