ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA DI DKI JAKARTA

HASAN RIFAI, . (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover - Daftar Isi_Hasan Rifai.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANA di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan memilih responden berdasarkan kriteria pernah bertransaksi menggunakan aplikasi DANA dengan kategori umur minimal 17 tahun ke atas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yang berdomisili di Jakarta untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan variabel yang diteliti. Data yang sudah didapatkan di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif, uji rata-rata/mean, uji standar deviasi, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna setuju pada dimensi kemudahan pengguna, pengaturan informasi sistem, kegunaan aplikasi, dan niat untuk menggunakan lagi. Berdasarkan uji mean pada dimensi kemudahan pengguna mendapatkan nilai rata-rata 3,98, dimensi pengaturan informasi sistem mendapat nilai rata-rata 3,95, dimensi kegunaan aplikasi mendapat nilai rata-rata 4,01, dan dimensi niat untuk menggunakan lagi mendapat nilai rata-rata 4,04. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengguna setuju aplikasi DANA dapat digunakan dengan mudah dengan menampilkan tampilan desain antarmuka yang nyaman sehingga pengguna dapat menemukan informasi dengan terorganisir serta pengguna dapat menggunakan semua fitur yang ditawarkan sehingga tercapainya rasa kepuasan pengguna dengan akan menggunakan aplikasi tersebut untuk bertransaksi dimasa yang akan datang.   ***** This study aims to analyze the level of user satisfaction with the DANA application in Jakarta. The research employs Purposive Sampling by selecting respondents based on the criteria of having transacted using the DANA application and being at least 17 years old. Data were collected through questionnaires distributed to respondents residing in Jakarta to obtain the necessary information according to the variables studied. The data obtained were analyzed using descriptive analysis techniques, mean tests, standard deviation tests, and t-tests. The results of this study indicate that users agree on the dimensions of user convenience, system information management, application usability, and intention to reuse. Based on the mean test, the user convenience dimension scored an average of 3.98, the system information management dimension scored an average of 3.95, the application usability dimension scored an average of 4.01, and the intention to reuse dimension scored an average of 4.04. This indicates that users agree that the DANA application can be used easily with a comfortable interface design, allowing users to find information in an organized manner and utilize all offered features, leading to user satisfaction and the intention to use the application for future transactions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ika Febrilia, S.E., M.M. ; 2). Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Users 25195 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2024 23:06
Last Modified: 11 Aug 2024 23:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49629

Actions (login required)

View Item View Item