ISNA PUTRI AZIZAH, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN TUGU SELATAN 03 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (836kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Tugu Selatan 03 Jakarta Utara. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V B yang berjumlah 31 peserta didik. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Data hasil kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA pada siklus I mencapai 42% ketuntasan lalu pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 65% dan akhirnya telah memenuhi kriteria ketercapaian yang ditetapkan dengan kemampuan berpikir kreatif mencapai 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V B SD Negeri Tugu Selatan 03 Jakarta Utara sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). ***** This classroom action research research aims to improve creative thinking skills in Science subjects by using the Project Based Learning model. This class action research was conducted at SD Negeri Tugu Selatan 03 North Jakarta. The subjects of this study were students of class V B which amounted to 31 students. The classroom action research model used in this study is the Kemmis and Mc. Taggart model. Data on the results of creative thinking skills in science learning in cycle I reached 42% completeness then in cycle II it increased to 65% and finally met the achievement criteria set with the ability to think creatively reaching 87%. The conclusion of this study is that the application of the Project Based Learning model in science learning can improve the creative thinking skills of class V B students of SD Negeri Tugu Selatan 03 North Jakarta so that teachers can use the Project Based Learning model as an alternative to improve creative thinking skills in learning Science.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Psikologi Pendidikan Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 24138 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 23:35 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 23:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49637 |
Actions (login required)
View Item |