PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI KECAMATAN KOTA TANGERANG

DESY PASTINA, . (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI KECAMATAN KOTA TANGERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan belajar terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri di Kecamatan Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri di Kecamatan Tangerang yang berjumlah 2979 siswa. Sampel penelitian sebanyak 353 siswa diambil dengan teknik probability sampling menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan metode korelasi product moment dan koefisien Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh parsial kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan peserta didik dengan nilai koefisien sebesar 0,240 dan nilai thitung sebesar 6,570, 2) Terdapat pengaruh parsial lingkungan kerja terhadap kepuasan peserta didik dengan nilai koefisien sebesar 0,322 dan nilai thitung sebesar 6,602, 3) Terdapat pengaruh simultan kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan belajar secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik dengan nilai fhitung sebesar 46,489 dan nilai sig sebesar 0,000. Oleh karena nilai koefisien thitung lebih besar dari nilai ttabel dan nilai sig lebih kecil dari 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan belajar secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Belajar, Kepuasan Peserta Didik ***** This research aims to analyse the influence of principal leadership and learning environment on student satisfaction in public high schools in Tangerang City District. The research method used is explanatory research with a quantitative approach. The population of this research was all public high school students in Tangerang City Subdistrict, totalling 2979 students. The research sample of 353 students was taken with probability sampling technique using proportionate stratified random sampling method. Data were collected through a questionnaire that had been tested for validity and reliability using the product moment correlation method and Cronbach's Alpha coefficient. Data analysis was conducted using multiple linear regression to test the effect of independent variables on the dependent variable. The results showed: 1) There is a partial effect of principal leadership on student satisfaction with a coefficient value of 0.240 and a t count value of 6.570, 2) There is a partial influence of the work environment on student satisfaction with a coefficient value of 0.322 and a t count value of 6.602, 3) There is a simultaneous effect of principal leadership and learning environment significantly affects student satisfaction with a f count value of 46.489 and a sig value of 0.000. Because the value of the t count coefficient is greater than the t table value and the sig value is smaller than 0.05, thus Ho is rejected and Ha is accepted, namely that the principal's leadership and learning environment partially and simultaneously affect student satisfaction.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. ; 2). Dr. Heru Santosa, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Desy Pastina .
Date Deposited: 11 Aug 2024 23:46
Last Modified: 11 Aug 2024 23:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49665

Actions (login required)

View Item View Item