IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Kualitatif Deskriptif di SMA Labschool Jakarta)

ABRAHAM ERLANGGA RENALDO PUTRA MANOBI, . (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Kualitatif Deskriptif di SMA Labschool Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan SMA Labschool Jakarta dalam menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi pelaksanaan kelas di mata pelajaran Pendidikan Pancasila, Wawancara dilakukan kepada satu key informan yakni Wakil Kepala Bidang Akademik, tiga informan guru Pendidikan Pancasila, satu pendapat expert, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga dilakukan pada bulan Maret-Mei 2024. Temuan penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi di SMA Labschool dibagi menjadi beberapa kategori yang dilakukan yang terdiri dari: Pertama, melaksanakan asesmen diagnostik pada awal pembelajaran. Kedua, menganalisa dan merancang perencanaan pembelajaran berbasis hasil analisis diagnostik sebelumnya. Ketiga, melaksanakan pembelajaran dengan variasi model, metode, dan media yang sudah direncanakan pada tahap sebelumnya. Keempat, melakukan asesmen atau penilaian yang berbasis pada pendekatan berdiferensiasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Labschool Jakarta berjalan secara komprehensif. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi ini juga memberikan pelayanan kepada peserta didik sesuai dengan minat, bakat, profil, serta gaya belajar yang dimilikinya. Dalam hal ini pembelajaran yang berjalan dapat terlaksana sesuai dengan pendekatan berdiferensiasi yang dilaksanakan. ***** The aim of this research is to determine the efforts made by SMA Labschool Jakarta in implementing a differentiated learning approach, especially in the subject of Pancasila Education. The approach used in this research is descriptive qualitative. The data collection technique was carried out by observing class implementation in the Pancasila Education subject, interviews were conducted with one key informant, namely the Deputy Head of Academic Affairs, three Pancasila Education teacher informants, one expert opinion, and documentation studies. The data analysis technique used is reduction, presentation and drawing conclusions. This research was also conducted in March-May 2024. The findings of the research show that the application of the differentiated learning approach at Labschool High School is divided into several categories which consist of: First, carrying out a diagnostic assessment at the start of learning. Second, analyze and design learning plans based on the results of previous diagnostic analysis. Third, carry out learning with a variety of models, methods and media that were planned in the previous stage. Fourth, carry out assessments or assessments based on a differentiated approach. The conclusion of this research is that the implementation of differentiated learning in the Pancasila Education subject at Labschool Jakarta High School is running comprehensively. The implementation of differentiated learning also provides services to students according to their interests, talents, profiles and learning styles. In this case, ongoing learning can be carried out in accordance with the differentiated approach implemented.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. ; 2). Fauzi Abdillah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Abraham Erlangga Renaldo Putra Manobi .
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:43
Last Modified: 14 Aug 2024 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49712

Actions (login required)

View Item View Item