PEMBELAJARAN TEKNIK GERAK TARI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKARYA TARI : PENELITIAN TINDAKAN PADA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 2 BOGOR

FARA FADILA SHALIZA, . (2024) PEMBELAJARAN TEKNIK GERAK TARI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKARYA TARI : PENELITIAN TINDAKAN PADA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 2 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER. pdf.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB 1. pdf.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 2. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil belajar penerapan pembelajaran teknik gerak tari berbasis model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan berkarya tari siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berkarya tari siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Penelitian berlangsung dari bulan Februari sampai Mei 2024 di SMA Negeri 2 Bogor, Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi dengan instrumen, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teknik gerak tari berbasis Model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan keterampilan berkarya tari siswa. Dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dimulai dari pra siklus dengan rata-rata nilai 63 dan jumlah ketuntasan siswa 30%, siklus I dengan rata�rata nilai 76,6 dan ketuntasan siswa 57%, dan siklus II dengan rata-rata nilai 82,8 dengan ketuntasan siswa 85% . Kata Kunci : Teknik Gerak Tari, Model Pembelajaran Langsung, Keterampilan Berkarya Tari *****ABSTRACT***** The research aims to analyze the process and learning outcomes of applying Dance Movement Technique Learning Based on Direct Leraning Model to Improve Dance Creation Skill. The problem in this study is the low of dance creation skill students. This study uses classroom action research (CAR) method from Kemmis & Mc Taggart. This study uses two cycles. Each cycles has the phase of planning, action and observation, and reflection. The research took place from February until May 2024 at SMA Negeri 2 Bogor, West Java. Data was collect by observation with instrument, interview, and documentation. The result showed tha the application of the Dance Movement Technique Learning Based on Direct Leraning Model could improve student’s dance creation skills. That showed based on the result in pre�cycle with an average of 63 and the student completion rate of 30%, first cycle with an average of 76,7 and the student completion rate of 57%,and the second cycle with an average of 82,8 and the student completion rate of 85%. Keywords : Dance Movement Technique, Direct Learning Model, Dance Creation Skill

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd 2) Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Fara Fadila Shaliza .
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:19
Last Modified: 12 Aug 2024 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49771

Actions (login required)

View Item View Item