PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORD FLASH CARD MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (EKSPERIMEN SD KECAMATAN SENEN, JAKARTA PUSAT)

RODIATUSSHOLIHAH, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORD FLASH CARD MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (EKSPERIMEN SD KECAMATAN SENEN, JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh media pembelajaran word flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di wilayah Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen final berupa tes yang dilakukan di SDN Kenari 08 kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji prasyarat analisis data. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan nilai thitung (2,002) > ttabel (2,726) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media pembelajaran word flash card melalui permainan ular tangga terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas V sekolah dasar. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media pembelajaran word flash card melalui permainan ular tangga sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris sehingga tujuan pembelajaran dapat terdapai dengan baik dan akan berpengaruh postif This study aims to determine whether or not there is an effect of word flash card learning media on the mastery of English vocabulary of fifth grade elementary school students. This research is an experimental quantitative research with pretest-posttest control group design. The population in this study were all fifth grade elementary school students in Senen District, Central Jakarta. The technique of getting the sample was cluster random sampling technique. Data collection was carried out using the final instrument in the form of a test conducted at SDN Kenari 08 class V-B as the experimental class and class V-C as the control class. This study used normality test with Kolmogorov-Smirnov test and homogeneity with Fisher test as prerequisite test of data analysis. Hypothesis testing in this study used ttest at the significance level α = 0.05 with the value of tcount (2.002) > ttable (2.726) so that H0 was rejected and Ha was accepted. The results showed that there is a significant positive effect of word flash card learning media through snakes and ladders game on English vocabulary mastery of fifth grade elementary school students. Therefore, teachers can use word flash card learning media through snakes and ladders game as one of the alternative learning media in learning English so that purpose of the learning can be achieved well and will have a positive effect on students' mastery of English vocabulary. penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. *****

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rodiatussholihah .
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:47
Last Modified: 13 Aug 2024 00:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49848

Actions (login required)

View Item View Item