PELATIHAN ORKESTRA CAPELLILIPUT UNTUK ANAK-ANAK DI YAYASAN MUSIK AMADEUS INDONESIA

PUTRI APRILIA, . (2024) PELATIHAN ORKESTRA CAPELLILIPUT UNTUK ANAK-ANAK DI YAYASAN MUSIK AMADEUS INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Orkestra merupakan suatu ansambel musik yang memerlukan keterampilan individu dan kelompok, sehingga memerlukan kekompakan dalam pementasannya. Sedangkan anak-anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan tahap perkembangannya. Oleh karena itu, dalam pelatihan orkestra sebaiknya proses pelatihan disesuaikan dengan tahapan perkembangan anggotanya agar dapat terlaksana secara maksimal dan mencapai tujuan pelatihan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pelatihan Orkestra Capelliliput untuk anak-anak di Yayasan Musik Amdeus Indonesia. Metode yang digunakan yaitu deskritif kualitatif. Peneltian ini dilakukan di Yayasan Musik Amadeus Indonesia pada bulan Maret 2024 sampai Juni 2024. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara dengan narasumber dan pakar, dokumentasi dan sumber tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dengan mendekripsikan data yang telah terkumpul berdasarkan teori yang ada. Dalam uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang dilakukan bersama pakar yaitu Nathania Karina. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelatihan Orkestra Capelliliput dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan dari pelatihan. Pemilihan materi ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan anak-anak. Tahap-tahap pelatihan orkestra terbagi menjadi tiga yaitu kegiatan pembuka dengan tuning alat musik, kegiatan inti dengan memainkan tangga nada serta karya, dan diakhiri dengan kegiatan penutup tanpa adanya evaluasi. Di dalam pelatihan terdapat beberapa metode yang digunakan yaitu metode ceramah, demontrasi, tanya jawab, dan penggunaan metode Orff. *****ABSTRACT***** The orchestra is a musical ensemble that requires individual and group skills, hence requiring cohesion in its performance. Meanwhile, childrens have different characteristics based on their developmental stages. Therefore, the orchestra training it is ideal to tailor the training process according to the members developmental stages so that it can be carried out optimally and achieve the training goals. This study aims to understand and describe the training process of the Capelliliput Orchestra for children at the Yayasan Musik Amadeus Indonesia. The method used is qualitative descriptive. The research was conducted at the Yayasan Musik Amadeus Indonesia from March 2024 to June 2024. Data collection included direct observation, interviews with informants and experts, documentation, and written sources. Data analysis techniques involve data reduction, data presentation, and conclude by describing the collected data based on existing theories. Data validity was ensured through triangulation with expert Nathania Karina. The research findings indicate that the Capelliliput Orchestra training runs smoothly according to its objectives. The selection of materials is based on the learners' abilities. The orchestral training stages are divided into three parts: opening activities with musical instrumen tuning, core activities involving playing scales and pieces, and closure activities without evaluation. Various methods utilized during training include lectures, demonstration, question and answer sessions, and the Orff method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Lucy Martiati Nst, M.Pd. 2) Dr. Tuti Tarwiyah Adi, M.Si.
Subjects: Seni Musik > Musik
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 25387 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 00:37
Last Modified: 14 Aug 2024 00:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49920

Actions (login required)

View Item View Item