PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR

RIDWAN FAUZI, . (2024) PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN Tanah Tinggi 09 Jakarta yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berasal dari kuesioner, observasi tindakan guru dan siswa. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan kuantitatif sederhana dengan menghitung rata-rata ketercapaian tanggung jawab siswa dan kualitatif deskriptif untuk menjabarkan hasil dari data kuantitatif yang diperoleh. Pada siklus I hasil kuesioner siswa yang memperoleh >75 yaitu 67,70%. Sedangkan pada siklus II mencapai 87.10%. Adapun data observasi tindakan guru pada siklus I dalam meningkatkan tanggung jawab siswa menggunakan model NHT mencapai 70%, sedangkan aktivitas siswa memperoleh hasil 65%. Pada siklus II observasi tindakan aktivitas guru mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 85%. Dengan demikian penggunaan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan tanggung jawab siswa kelas IV di SDN Tanah Tinggi 09 Jakarta pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Kata Kunci : Tanggung Jawab Siswa, Model NHT, Pendidikan Pancasila ***** The Classroom Action Research (PTK) aims to increase student responsibility through the Numbered Head Together (NHT) learning model in Class IV of SDN Tanah Tinggi 09 Jakarta, totaling 31 students. This research uses the Kemmis and Mc Taggart model with 4 steps, namely planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques come from questionnaires, observation of teacher and student actions. The data analysis technique uses simple quantitative by calculating the average achievement of student responsibilities and descriptive qualitative to describe the results of the quantitative data obtained. In cycle I, the results of the questionnaire for students who obtained >75 were 67.70%. Meanwhile in cycle II it reached 87.10%. The observation data on teacher actions in cycle I in increasing student responsibility using the NHT model reached 70%, while student activities achieved 65% results. In cycle II, observation of teacher activity reached 90% and student activity reached 85%. In this way, the use of the Numbered Head Together (NHT) model can increase the responsibility of class IV students at SDN Tanah Tinggi 09 Jakarta in the Pancasila Education Subject. Keywords : Student Responsibility, NHT Model, Pancasila Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Yofita Sari, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23184 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:54
Last Modified: 14 Aug 2024 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49953

Actions (login required)

View Item View Item