PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI

ALISHA PUTRI NAJLA, . (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Mampang Prapatan 02 Pagi menggunakan model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian pada penelitian ini ialah 29 siswa SD Negri Mampang Prapatan 02 Pagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dokumentasi, serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian yang diperoleh pada tes evaluasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 58, 62% yakni belum mencapai target yang diinginkan. Pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 89,65%. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV-B SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Kata kunci: berpikir kritis, PBL, pembelajaran berbasis masalah. ***** This research aims to improve the critical thinking skills of class IV students at SDN Mampang Prapatan 02 Pagi using a problem based learning model. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK) using the Kemmis and McTaggart model which begins with planning stages, implementing actions and observations, and reflection. The research subjects in this study were 29 students at SD Negeri Mampang Prapatan 02 Pagi. The data collection techniques used are observation, tests, documentation and field notes. The research results showed that the achievement obtained in the evaluation test of students' critical thinking abilities in cycle I reached 58.62%, that is, they had not reached the desired target. In cycle II, it showed that students' critical thinking abilities increased to 89.65%. This research shows that the Problem Based Learning learning model can improve the critical thinking skills of class IV-B students at SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Keywords: critical thinking, PBL, problem-based learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22930 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:09
Last Modified: 14 Aug 2024 23:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49955

Actions (login required)

View Item View Item