PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN KECAMATAN PULO GADUNG

ZAQI ABDILLAH TSAMANYAH, . (2024) PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN KECAMATAN PULO GADUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN Kecamatan Pulo Gadung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian experimen dengan pola pretest-posttest control group design. Subjek pada penlitian ini yaitu kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVD sebagai kelas kontrol pada SDN Rawamangun 12 Pagi dengan jumlah 62 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan menggunakan model POE dan kelas kontrol dengan menggunakan model Ekspositori. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperolah hasil thitung (3,3921) yang lebih besar dibandingkan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan nilai = 2,000. Dengan demikian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perngaruh signifikan penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN Kecamatan Pulo Gadung ***** This research aims to determine whether or not there is an influence of the Environmentally Assisted Predict Observe Explain (POE) Learning Model on Science Learning Outcomes in Class IV SDN Pulo Gadung District. This research uses an experimental research method with a pretest-posttest control group design pattern. The subjects in this research were class IVC as an experimental class and class IVD as a control class at SDN Rawamangun 12 Pagi with a total of 62 students. Samples were taken using a simple random sampling technique which was divided into two groups, namely the experimental group using the POE model and the control class using the Expository model. Data was collected using learning outcomes tests and analyzed using the t-test. Based on the calculation results, the result obtained is tcount (3.3921) which is greater than ttable with a significance level of 0.05 with a value = 2.000. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the application of the Environmentally Assisted Predict Observe Explain (POE) Model on Science Learning Outcomes in Class IV SDN Pulo Gadung District

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana; 2). Dr. Uswatun Hasanah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Zaqi Abdillah Tsamanyah .
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:13
Last Modified: 14 Aug 2024 23:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49960

Actions (login required)

View Item View Item