RATMELIA SARI, . (2024) PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN REGRET AVERSION TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Pertumbuhan investasi oleh investor individu di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat dengan didominasi 12,12 juta investor individu dengan 56,43% merupakan investor berusia di bawah 30 tahun atau dapat dikatakan bahwa terdapat banyak Generasi Z yang berpartisipasi dalam kegiatan investasi tersebut. Peningkatan jumlah investor dikaitkan dengan faktor-faktor eksternal yang melibatkan emosi seperti overconfidence dan regret aversion. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh overconfidence dan regret aversion terhadap keputusan investasi generasi Z di DKI Jakarta serta bagaimana literasi keuangan dapat berlaku sebagai moderator dalam hubungan tersebut. Metode penelitian yang diberlakukan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi dengan melibatkan 348 investor individu. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan secara parsial baik oleh overconfidence maupun regret aversion terhadap keputusan investasi. Dalam menggunakan variabel moderasi terlihat literasi keuangan memoderasi secara negatif pengaruh overconfidence terhadap keputusan investasi. Sedangkan literasi keuangan tidak memoderasi hubungan antara regret aversion dengan keputusan investasi. Dengan demikian, investor dapat mempertimbangkan sikap irasional seperti overconfidence dan regret aversion dalam keputusan berinvestasi serta meningkatkan literasi keuangan agar tidak terjerumus dalam sikap irasional tersebut. ***** Investment growth by individual investors in Indonesia has experienced a rapid increase, dominated by 12.12 million individual investors, of which 56.43% are under 30 years old, indicating significant participation from Generation Z in investment activities. An increase in the number of investors is linked to external factors involving emotions such as overconfidence and regret aversion. The reason of this study is to investigate how overconfidence and regret aversion impact investing decisions among Generation Z in Jakarta, and how this link is moderated by financial literacy. The research method employed is a survey approach with quantitative analysis. Multiple linear regression dan moderated regression analysis is used in the study involving 348 individual investors. The results show a noteworthy positive partial relationship between both overconfidence and regret aversion with investment decisions. Regarding the moderation variable, the impact of overconfidence on investing decisions is negatively moderated by financial literacy, whereas the relationship between regret aversion and investing decisions is not moderated by financial literacy. Thus, investors can consider irrational attitudes such as overconfidence and regret aversion in investment decisions and increase financial literacy so as not to fall into these irrational attitudes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Mardi, M.Si. ; 2). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 24348 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 05:24 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 05:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49985 |
Actions (login required)
View Item |