IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PADA ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK PUTRA UTAMA 3 DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

PRAMAICELLA AURELIA PUTRI, . (2024) IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PADA ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK PUTRA UTAMA 3 DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kebutuhan anak belajar pada anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Duren Sawit Jakarta Timur, agar sesuai dengan pembelajaran yang dibutuhkan. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari 5 anak asuh dan 2 pendamping panti. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan belajar anak asuh terdiri dari pembelajaran yang menunjang life skill, seperti pelatihan memasak, pelatihan menjahit, pelatihan kerajinan tangan, dan pelatihan barista. Kebutuhan pembelajaran lainya yaitu pembelajaran yang membangun motivasi, pembelajaran yang sesuai dengan minat bakat, pembelajaran berwirausaha, pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada pemberian materi, dan pembelajaran yang mengasah kepercayaan diri anak asuh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa anak asuh membutuhkan pembelajaran non formal dalam bidang keterampilan untuk membantu anak asuh dalam mengasah life skill sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Kata Kunci : Kebutuhan dasar, kebutuhan belajar, anak asuh. ***** This research aims to identify and identify the child's learning needs in the nursing child at the 3 Duren Sawit East Jakarta Primary Children's Social Welfare, in order to match the learning needs. The source in this study consisted of five babysitters and two shelters. The method in this research is qualitative research with a descriptive approach. The data collection techniques used in this study are observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, conclusion and verification. Research results show that foster childhood learning needs consist of learning that supports life skills, such as cooking training, sewing training, handicraft training, and barista training. Other learning needs are learning that builds motivation, learning that matches talent interests, entrepreneurial learning, learning which is not just focused on material gifts, and learning that sharpenes the self-confidence of caregivers. Based on the results of the study, it was concluded that babies need nonformal learning in the field of skills to help babies to develop life skills according to their needs and interests.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Intan Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Daddy Darmawan, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Pramaicella Aurelia Putri .
Date Deposited: 14 Aug 2024 22:57
Last Modified: 14 Aug 2024 22:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49995

Actions (login required)

View Item View Item