PEMBINAAN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 259 JAKARTA

RAMADHAN ALHAFIZ, . (2024) PEMBINAAN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 259 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pembinaan yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik. Hal ini dikarenakan setiap peserta didik pasti memiliki bakat ataupun potensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai potensi maksimalnya, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP Negeri 259 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: koordinator dan pembina ekstrakurikuler, wakil kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan peserta didik berprestasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP Negeri 259 Jakarta dilakukan dengan pembina yang memegang prinsip pembinaan dengan baik. Prinsip yang dimiliki diantaranya ialah memegang komitmen, berintegritas, keterbukaan, kepercayaan, tanggung jawab, menciptakan hasil yang lebih baik, dan dapat memberikan solusi yang tepat. (2) Dalam meningkatkan motivasi berprestasi, siswa SMP Negeri 259 Jakarta membutuhkan adanya tekad, kepercayaan, motivasi, kemampuan yang harus ditingkatkan, meningkatkan kualitas diri, dan kreatifitas yang tinggi, dan tentunya dorongan baik dari dalam maupun luar. (3) Adanya pembina yang kompeten dan menerapkan prinsip dalam pembinaan peserta didik melalui ekstrakurikuler yang baik dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 259 Jakarta. ***** This study is motivated by the important role of coaching carried out by schools in increasing student's achievement motivation. This is because every student definitely has talents or potential that can be developed to reach their maximum potential, both in the academic and nonacademic fields. This study aims to increase the development of students through extracurricular activities at SMP Negeri 259 Jakarta. This research uses a qualitative approach and descriptive methods. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and documentation studies. Informants in this research include: extracurricular coordinators and coaches, student representatives, guidance and counseling teachers, and high achieving students. The results of this research show that: (1) The development of students through extracurricular activities at SMP Negeri 259 Jakarta is carried out by coaches who adhere to the principles of good coaching. The principles include holding commitment, integrity, openness, trust, responsibility, creating better results, and being able to provide the right solutions. (2) In increasing achievement motivation, students at SMP Negeri 259 Jakarta need determination, confidence, motivation, abilities that must be improved, self-quality improvement and high creativity, and of course encouragement from both inside and outside. (3) Having competent coaches who apply principles in coaching students through good extracurriculars can increase student achievement motivation at SMP Negeri 259 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Eliana Sari, M.M. ; 2). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Ramadhan Alhafiz .
Date Deposited: 15 Aug 2024 23:38
Last Modified: 15 Aug 2024 23:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50005

Actions (login required)

View Item View Item