INDAH ATARIKA REMBUNE, . (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI POWTOON DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 74 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (332kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (137kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara penggunaan media aplikasi Powtoon dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 74 Jakarta. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah kelas VII D yang berjumlah 36 siswa yang diambil dengan teknik pengumpulan data nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Data variabel X dan Y merupakan data primer yang didapat dari instrumen berbentuk kuesioner yang diberikan kepada siswa. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai Y = 24,936 + 0,534X, sehingga dapat diartikan penggunaan media aplikasi powtoon berhubungan terhadap motivasi belajar, maka setiap peningkatan dalam penggunaan media aplikasi powtoon diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil uji normalitas Shapiro Wilk data media powtoon signifikansinya sebesar 0,094, kemudian pada data motivasi belajar diketahui signifikansinya sebesar 0,066. Hal ini berarti bahwa variabel X dan Y berdistribusi normal karena nilai sig. > 0,05. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media aplikasi powtoon dengan motivasi belajar dilihat dari keberartian koefisien korelasi yang menghasilkan thitung > ttabel yaitu 4,388 > 2,032 variabel X secara parsial berhubungan positif dan signifikan terhadap variabel Y, dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun penggunaan media aplikasi powtoon (X) memberikan kontribusi atau sumbangan sebesar 36,2% terhadap motivasi belajar siswa. ***** This research aims to examine the relationship between the use of the Powtoon media application and the learning motivation of class VII students at SMP Negeri 74 Jakarta. This research uses a quantitative approach with correlational methods. The population of this study were all class VII students at SMP Negeri 74 Jakarta. The number of samples in this study was class VII D, totaling 36 students taken using nonprobability sampling data collection techniques with purposive sampling type. The data for variables X and Y are primary data obtained from instruments in the form of questionnaires given to students. The results of a simple linear regression test show a value of Y = 24.936 + 0.534X, so it can be interpreted that the use of the Powtoon application media is related to learning motivation, so any increase in the use of the Powtoon application media is expected to increase students' learning motivation. The results of the Shapiro Wilk normality test for the Powtoon media data have a significance of 0.094, then for the learning motivation data it is known that the significance is 0.066. This means that the variables X and Y are normally distributed because the sig value. > 0.05. The results of the research concluded that there is a positive relationship between the use of the Powtoon application media and learning motivation seen from the significance of the correlation coefficient which produces tcount > ttable, namely 4.388 > 2.032. Variable X is partially positively and significantly related to variable Y, in other words Ha is accepted and H0 is rejected. . Meanwhile, the use of the Powtoon (X) application media contributed 36.2% to student learning motivation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Raharjo, M.Si. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 22706 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:37 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50047 |
Actions (login required)
View Item |