DWARA IRRENE MASTIKA, . (2024) PELATIHAN EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL BIOLA DI SD HATI KUDUS JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (881kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan metode yang digunakan pada pelatihan ekstrakurikuler ansambel biola di SD Hati Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di SD Hati Kudus pada bulan Februari 2024 sampai dengan April 2024. Pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara bersama pelatih, pembimbing, kepala sekolah, serta anggota ekstrakurikuler. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan semua data dan disusun dengan baik, menyajikan dan meninjau data, pengodean data, mengidentifikasi tema, menyajikan data dalam bentuk naratif, menginterpretasikan hasil temuan ke teori, dan memverifikasi data dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) penggunaan konsep pelatihan yang menyenangkan sebagai bentuk penerapan dari pelatihan ekstrakurikuler untuk mewujudkan suasana belajar di dalam kelas yang aktif dan menyenangkan sehingga anak tidak merasa jenuh serta termotivasi untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bermain biola. (2) Terdapat beberapa penggunaan metode pelatihan yang diterapkan yaitu metode ceramah, metode demonstrasi dan eksperimen, metode latihan (drill), metode tanya jawab, metode tutor sebaya, dan metode, pemberian penomoran pada setiap anak. (3) Metode pelatihan biola yang digunakan adalah metode Suzuki. Metode tersebut berfokus untuk mengasah kepekaan musikalitas anak dalam menggunakan indera pendengar agar menghasilkan permainan biola dengan intonasi tepat. (4) Terdapat penggunaan materi yang mengacu pada konsep buku A Tune A Day. (5) Hasil penerapan metode – metode pelatihan yang dilakukan oleh pelatih dapat membantu untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor serta kreativitas anak dalam menampilkan suatu pertunjukkan. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan dapat membantu untuk menambah ilmu pengetahuan bagi pelatih musik yang ingin mengetahui tentang pelatihan biola dalam bentuk ansambel atau kelompok yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah pementasan. *****ABSTRACT***** The purpose of this study is to describe the methods used in the extracurricular violin ensemble training at SD Hati Kudus. The research method employed is qualitative descriptive with a case study approach. The research took place at SD Hati Kudus from February 2024 to April 2024. Data collection was conducted through observations, documentation, literature studies, and interviews with trainers, mentors, the headmaster, and extracurricular members. Data analysis involved collecting and organizing all data, presenting and reviewing the data, coding, identifying themes, presenting the data in narrative form, interpreting the findings to theory, and verifying the data by conducting source triangulation. The results obtained in this research are as follows:(1) the use of enjoyable training concepts as a form of extracurricular training implementation to create an active and enjoyable learning atmosphere in the classroom, so that children do not feel bored and are motivated to develop their interest and talent in playing the violin. (2) several training methods were applied, including the lecture method, demonstration and experiment method, drill method, question and answer method, peer tutoring method, and the method of numbering each child; the violin training method used is the Suzuki method, which focuses on honing children's musical sensitivity through their sense of hearing to produce violin playing with accurate intonation. (3) the use of materials that refer to the book "A Tune A Day”. (5) the application of these training methods by the trainers can help develop the cognitive, affective, and psychomotor domains, as well as children's creativity in performing a show. This research is expected to contribute to the knowledge of music trainers who wish to learn about violin training in ensemble or group settings to produce a performance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dani Nur Saaputra, S.Pd., M.Sn. 2) Saryanto, M.Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik Seni Musik > Literatur Musik Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 25389 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 23:42 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 23:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50053 |
Actions (login required)
View Item |