PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN KELAS XI SMA NEGERI 70 JAKARTA PADA TOPIK FAMILIE

LUSI ANDRIANI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN KELAS XI SMA NEGERI 70 JAKARTA PADA TOPIK FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Educandy terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman kelas XI SMA Negeri 70 Jakarta pada topik Familie. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 70 Jakarta pada semester genap, bulan Maret tahun pelajaran 2022/2023 sampai bulan Mei. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang memakai metode true experimental design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI SMA Negeri 70 Jakarta yang sedang mempelajari bahasa Jerman topik Familie. Sampel pada penelitian ini diambil secara acak (Simple Random Sampling) dimana didapatkan hasil kelas XI peminatan bahasa Jerman 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI peminatan bahasa Jerman II sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini data diperoleh dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji t. Dari hasil penelitian diperoleh thitung post-test sebesar 7,59. Setelah nilai thitung dibandingkan dengan ttabel maka diperoleh ttabel 2,0. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel(thitung 7,59 > ttabel 2,0) maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 70 Jakarta yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Educandy dan yang tidak menggunakan aplikasi Educandy. Pelaksanaan tindakan dengan menggunakan aplikasi Educandy pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman terbukti dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 70 Jakarta. *****ABSTRACT***** This research aims to determine the effect of using Educandy learning media on the mastery of German vocabulary in class XI SMA Negeri 70 Jakarta on the topic Familie. This research was carried out at SMA Negeri 70 Jakarta in the even semester, March 2022/2023 academic year to May. This research is quantitative research, which uses true experimental design methods. Population In this research, class XI SMA Negeri 70 Jakarta is studying German on the topic Familie. The sample in this study was taken randomly (Simple Random Sampling) where the results were obtained for class XI language specialization German I as the experimental class and class XI specializing in German II as the control class. In this study, data was obtained from the results of the Pre-Test and Post-Test. The data analysis technique used to test the hypothesis is the t test. From the research results, the post-test t-count was 7.59. After the tcount value is compared with ttable, ttable 2.0 is obtained. This shows that tcount is greater than ttable (tcount 7.59 > ttable 2.0) so the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This means that there is a significant influence on the German vocabulary mastery of class XI students at SMA Negeri 70 Jakarta who are taught using the Educandy application and those who do not use the Educandy application. Implementation of actions using the Educandy application for learning German vocabulary proven to be able to improve German vocabulary mastery of class XI students at SMA Negeri 70 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Santiah, M.Pd 2) Dra. Rina Agustin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Lusi Andriani .
Date Deposited: 16 Aug 2024 01:43
Last Modified: 16 Aug 2024 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50087

Actions (login required)

View Item View Item