PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X

SHABRINA HANIFAH NUR MUTHMAINNA, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan media Mentimeter terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitian yang digunakan True Eksperimental Design dengan bentuk Pretest-posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa pada masing-masing kelas. Pada kelas eksperimen, nilai tertinggi prates yang diperoleh sebesar 72 dengan rata-rata 54, sedangkan pada pascates sebesar 88 dengan rata-rata 67. Pada kelas kontrol, nilai tertinggi prates yang diperoleh sebesar 71 dengan rata-rata 53, sedangkan pada pascates sebesar 82 dengan rata-rata 61. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 25.0 pada uji normalitas terhadap sampel kelas eksperimen, dengan nilai pascates adalah (Sig.) 0,200 > 0,05 dan nilai pascates adalah (Sig.) 0,071 > 0,05. Pada kelas kontrol nilai prates adalah (Sig.) 0,098 > 0,05 dan pascates adalah (Sig.) 0,200 > 0,05. Disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, memperoleh nilai (Sig.) 0,716 > 0,05 yang berarti data tersebut bersifat homogen. Dari uji hipotesis, menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,43 < 0,05. Berdasarkan tabel t, maka di dapatkan thitung sebesar 2,263 dengan df sebesar 66, maka ttabel 1,996. Dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,263 > 1,996) yang berarti hipotesis penelitian yang dilakukan adalah H1 diterima dan H0 ditolak, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan media Mentimeter terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X. ***** This study aims to determine whether there is an effect of the Group Investigation learning model with Mentimeter media on the ability to write anecdotal texts of class X students. This study uses an experimental method, the research design used is True Experimental Design with the form of Pretest-posttest Control Group Design. The samples used were 34 students in each class. In the experimental class, the highest score of the prates obtained was 72 with an average of 54, while in the post-test it was 88 with an average of 67. In the control class, the highest score of the prates obtained was 71 with an average of 53, while in the post-test it was 82 with an average of 61. The data analysis requirements test was carried out with the help of SPSS 25.0 in the normality test on the experimental class sample, with the post-test value being (Sig.) 0.200> 0.05 and the post-test value being (Sig.) 0.071> 0.05. In the control class, the pre-test value is (Sig.) 0.098 > 0.05 and the post-test is (Sig.) 0.200 > 0.05. It is concluded that both data are normally distributed. From the homogeneity test, the value of (Sig.) 0.716 > 0.05 means that the data is homogeneous. From the hypothesis test, it shows the value of Sig. (2-tailed) 0.43 < 0.05. Based on the ttable, the tcount is 2.263 with a df of 66, then the ttable is 1.996. It can be seen that the tcount is greater than the ttable (2.263 > 1.996) which means that the research hypothesis carried out is H1 accepted and H0 rejected, namely there is an effect of the Group Investigation learning model with Mentimeter media on the ability to write anecdotal texts of class X students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 25404 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:31
Last Modified: 16 Aug 2024 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50184

Actions (login required)

View Item View Item