KAJIAN STILISTIKA ASPEK BAHASA FIGURATIF DAN CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI DOA UNTUK ANAK CUCU KARYA W.S RENDRA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII

ASTRID EVANGLE PUTRI MARO, . (2024) KAJIAN STILISTIKA ASPEK BAHASA FIGURATIF DAN CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI DOA UNTUK ANAK CUCU KARYA W.S RENDRA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahasa figuratif dan citraan yang terdapat dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W. S. Rendra. Dua puluh dua (22) puisi yang berada dalam kumpulan puisi melalui pendekatan stilistika dan untuk mengetahui implikasi hasil penelitian sebagai opsi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus utama dalam penelitian ini adalah bahasa figuratif dan citraan dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat 32 bahasa figuratif, yang terdiri dari 3 (10%) smile, 6 (19%) metafora, 8 (25%) alegori, 10 (31%) personifikasi, 2 (6%) alusi, 1 (3%) epinom, 1 (3%) epitet, 1 sarkasme. Juga terdapat 39 jenis citraan, yang terdiri dari 17 (43%) citraan penglihatan, 8 (20%) citraan pendengaran, 10 (26%) citraan gerakan, 2 (5%) citraan perabaan, 1 (3%) citraan penciuman, 1 (3%) citraan pencecapan. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII pada teks puisi. *****ABSTRACT***** This research aims to find out the figurative language and imagery contained in the collection of poems Prayer for Children and Grandchildren by W. S. Rendra. Twenty-two (22) poems are in a collection of poems through a stylistic approach and to find out the implications of the research results as an option for learning Indonesian in schools. The research method used is qualitative descriptive. The main focus in this study is figurative language and imagery and its implications for Indonesian language learning. Based on the results of this study, it was found that there were 32 figurative languages, consisting of 3 (10%) smiles, 6 (19%) metaphors, 8 (25%) allegories, 10 (31%) personifications, 2 (6%) allusions, 1 (3%) epinoms, 1 (3%) epithets, 1 sarcasm. There were also 39 types of images, consisting of 17 (43%) visual images, 8 (20%) auditory images, 10 (26%) movement images, 2 (5%) tactile images, 1 (3%) olfactory images, 1 (3%) tactile images. The results of this research can be implemented as teaching materials in Indonesian Language learning grade VIII in poetry texts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. ; 2) Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 25493 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:24
Last Modified: 19 Aug 2024 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50240

Actions (login required)

View Item View Item