MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA BAGI PESERTA DIDIK AUTIS

SOLEHAWATI RAHMA, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA BAGI PESERTA DIDIK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN_16_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada peserta didik autis kelas dasar di Sekolah Lentera Asa menggunakan media papan flanel angka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 2 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa hasil pengamatan, wawancara serta dokumentasi, dan data kuantitatif yang berupa hasil tes. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil tes kemampuan awal mengenal bilangan menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh kedua peserta didik belum mencapai skor minimal dengan memperoleh nilai rata-rata yaitu 40. Setelah dilakukan tindakan siklus I dan II, kemampuan mengenal bilangan peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 45. Hasil tes kemampuan peserta didik pada evaluasi siklus II telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media papan flanel angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada peserta didik autis. ***** This study aimed to enhance primary-grade autistic learners’ ability to recognise numbers 1-10 at Lentera Asa School by utilising number flannel board media. This research employed a class action research method based on the Kemmis and Mc. Taggart model comprised three distinct stages: planning, action and observation, and reflection. This study focused on a sample size of two students. The research was undertaken in two cycles. The data utilised qualitative information obtained through observations, interviews, documentation, and quantitative data derived from test results. The data’s validity utilised in this study was the data triangulation technique. The first findings of the number recognition test demonstrated that the average score achieved by the two learners did not satisfy the minimum score, as they obtained an average score of 40. Following the implementation of cycles I and II, there was an improvement in the learners’ ability to identify numbers, with an average score rise of 45. The learners’ ability test results in the second cycle evaluation have fulfilled the minimum completeness criteria by achieving an average score of 85. This study’s findings revealed that using flannel number media could enhance the ability of autistic learners to recognise numbers 1-10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hartini Nara, M.Si; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 25304 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:38
Last Modified: 19 Aug 2024 00:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50241

Actions (login required)

View Item View Item