FUNGSI DAN VARIASI BAHASA IKLAN PADA AKUN INSTAGRAM @REVOU_ID

SITI NURHALIZAH, . (2024) FUNGSI DAN VARIASI BAHASA IKLAN PADA AKUN INSTAGRAM @REVOU_ID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan variasi bahasa iklan pada akun Instagram @revou_id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi dan baca catat. Sumber data penelitian ini adalah teks iklan yang diunggah pada akun Instagram @revou_id selama periode Juni hingga November 2023. Penelitian ini berfokus pada fungsi bahasa serta variasi bahasa berdasarkan pemakaian dan keformalan yang terdapat pada akun Instagram @revou_id. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya fungsi bahasa berupa fungsi emotif, fungsi direktif, fungsi fatik, dan fungsi referensial, dengan fungsi bahasa direktif dan fungsi referensial sebagai yang paling dominan. Variasi bahasa berdasarkan pemakaian mencakup ragam bahasa iklan. Sementara variasi bahasa berdasarkan keformalan meliputi ragam bahasa formal, ragam bahasa konsultatif, ragam bahasa kasual, dan ragam bahasa akrab. Tidak ditemukan ragam bahasa beku dalam iklan pada akun Instagram @revou_id. ***** This study aims to describe the functions and language variations of advertisements on the Instagram account @revou_id. The method used in this research is descriptive qualitative, with data collection techniques including documentation and note-taking. The data source for this research is the advertisement texts posted on the Instagram account @revou_id during the period from June to November 2023. This study focuses on language functions and variations based on usage and formality found on the Instagram account @revou_id. The results of this study indicate the presence of emotive, directive, phatic, and referential language functions, with directive and referential functions being the most dominant. Language variations based on usage include advertisement varieties. Meanwhile, language variations based on formality include formal, consultative, casual, and intimate language varieties. No frozen language variety was found in the advertisements on the Instagram account @revou_id.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aulia Rahmawati, M.Hum. ; 2). Sigit Widiatmoko, S.S., M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 25406 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2024 23:38
Last Modified: 19 Aug 2024 23:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50308

Actions (login required)

View Item View Item