Astri Widyani, . (2024) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ISLAMIC CHARACTER VALUE AND SCIENCE TECHNOLOGY DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DAUROH KABUPATEN TANGERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (411kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text
4 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text
6 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
|
Text
7 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text
9 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen kurikulum merupakan substansi manajemen yang utama di sekolah. Manajemen kurikulum merupakan sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik yang dirancang untuk memudahkan pengelola pendidikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui tahapan perencanaan, implementasi, evaluasi dan penyempurnaan program agar kegiatan belajar mengajar terarah dengan baik. Prinsip dasar manajemen kurikulum ini adalah berusaha agar kualitas dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan tolok ukur pencapaian tujuan oleh peserta didik dan mendorong guru untuk menyusun dan terus menerus menyempurnakan strategi pembelajarannya. Tahapan manajemen kurikulum di sekolah dilakukan melalui empat tahap. Tahapan tersebut yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian dan koordinasi, pelaksanaan, dan pengendalian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan kurikulum, menganalisis prinsip pembelajaran dan menggambarkan model pembelajaran sekolah dasar berbasis islamic character value and science technology di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dauroh Kabupaten Tangerang. Penelitian ini difokuskan pada tiga hal; Pertama, proses pengembangan kurikulum JSIT pada sekolah dasar berbasis islamic character value and science technology di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dauroh Kabupaten Tangerang. Kedua, penerapan prinsip pembelajaran Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dauroh Kabupaten Tangerang. Ketiga, pelaksanaan model pembelajaran berbasis islamic character value and science technology di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dauroh Kabupaten Tangerang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Kemudian informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan prosedur yang mengadopsi model interaktif Miles, Hubberman, dan K. Yin yang dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan sebagai berikut: SDIT Dauroh sebagai sekolah yang menerapkan manajemen kurikulum berbasis islamic character value and science technology yang meliputi 1) pengembangan kurikulum dilakukan melalui tahapan uji kelayakan, penyusunan konsep, pengembangan rencana kurikulum dan pelaksanaan uji coba kurikulum. 2) penerapan prinsip pembelajaran terdiri dari tahapan dan capaian peserta didik, pembelajar sepanjang hayat, pembelajaran yang relevan dan pembelajaran berorientasi pada masa depan. 3) pelaksanaan model pembelajaran antara lain; discovery learning, pembelajaran berbasis proyek, belajar berdasarkan pengalaman sendiri (Self Directed Learning/SDL), pembelajaran kontekstual, bermain peran dan simulasi, pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, diskusi kelompok kecil, dan problem based learning. Dalam pengembangan kurikulum ditemukan kekhasan kurikulum yang berbasis islamic character value and science technology di mana sekolah mengombinasikan kurikulum nasional dengan kuriklum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) yang berbasis karakter nilai islami. Adapun pelaksanaan kurikulum berbasis islamic character value and science technology ditemukan dalam bentuk implementasi kurikulum nasional 2013 dan kurikulum merdeka yang diperkuat dengan penerapan nilai-nilai karakter islami melalui pembiasaan. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Karakter Islami, Sekolah Dasar Islam Terpadu
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2). Prof. Dr. Masduki Ahmad, SH., MM |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 25088 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 00:08 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 00:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50321 |
Actions (login required)
View Item |