ANALISIS PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU RUMAH TANGGA DI MAJELIS TAKLIM UM-ABATA

SHOFIYAH HAMIDAH, . (2024) ANALISIS PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU RUMAH TANGGA DI MAJELIS TAKLIM UM-ABATA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap muslim harus membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah membaca Al Qur’an yang baik dan benar sehingga harus meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an . Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dibutuhkan ilmu dan praktik, Maka perlunya kegiatan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan seorang muslim dalam membaca Al-Qur’an dan bisa di terapkan oleh berbagai kalangan salah satunya untuk para ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an bagi ibu rumah tangga di Majelis Taklim Um-ABaTa dengan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan kemampuan Membaca Al-Qur’an dari program tahsin Majelis Taklim Um-ABaTa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program tahsin meliputi tujuan program, materi pembelajaran, metode saat dilakukan pembelajaran, situasi pembelajaran, media pembelajaran, kriteria pendidik, segmentasi peserta didik, evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan program tahsin melibatkan beberapa tahapan yang meliputi rapat kerja, tes penempatan, kegiatan pembelajaran pemberian penilaian pada program tahsin di Majelis Taklim Um-ABaTa mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi ibu rumah tangga. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dianalisis melalui tiga indikator kemampuan membaca Al-Qur’an yakni pelafalan huruf sesuai makhrajnya, ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai tajwid dan kelancaran dan tartil dalam membaca Al-Qur’an hasilnya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik meningkat setelah mengikuti program tahsin Majelis Taklim Um-ABaTa. *****

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rihlah Nur Aulia, MA. ; 2). Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pd.I.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23624 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:41
Last Modified: 20 Aug 2024 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50335

Actions (login required)

View Item View Item