PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MELALUI EFIKASI DIRI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN JAKARTA SELATAN

AJENG LUTHFIANTI, . (2024) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MELALUI EFIKASI DIRI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pembelajaran terhadap motivasi belajar melalui efikasi diri siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN Jakarta Selatan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan denganmenyebarkan kuesioner yang dibagian kepada 200 lebih siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa melalui efikasi diri hal ini ditunjukkan melalui uji sobel dengan nilai koefisien korelasi yakni 1,96 < 1,974. Maka hipotesis tersebut tidak diterima sehingga hubungan kualitas pembelajaran hanya memiliki hubungan langsung terhadap motivasi belajar tanpa melalui efikasi diri SMAN Jakarta Selatan.Kualitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien beta sebesar 0,460 dengan thitung sebesar 8,881 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : kualitas pembelajaran, efikasi diri dan motivasi belajar ***** This research aims to analyze the influence of learning quality on learning motivation through student self-efficacy in economics subjects at SMAN South Jakarta. The research uses quantitative methods with a survey approach. Data was collected by distributing questionnaires to more than 200 students. The research results show that the quality of learning does not have a significant effect on students' learning motivation through self-efficacy, this is shown through the Sobel test with a correlation coefficient value of 1.96 < 1.974. So this hypothesis is not accepted so that the relationship between learning quality only has a direct relationship to learning motivation without going through self�efficacy at SMAN South Jakarta. Learning quality has a significant effect onlearning motivation with a beta coefficient value of 0.460 with a t count of 8.881 and a probability of 0.000 (p<0.05). The conclusion of this research is the importance of improving the quality of learning to increase student learning motivation. Keywords : the quality of learning, slef efficacy, and learning motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd ; 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 25347 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 00:47
Last Modified: 21 Aug 2024 00:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50356

Actions (login required)

View Item View Item