PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMKN 57 JAKARTA

FIRLY PUTRI AURELIA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMKN 57 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram untuk keterampilan membaca Bahasa Prancis di SMKN kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan di antaranya yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap pengembangan (development) saja. Materi yang dimuat dalam media pembelajaran terdiri dari “Se Présenter”, “Présenter Quelqu’un”, dan “À La Réceptionniste” sebagai materi yang dipelajari siswa kelas XI SMKN 57 Jakarta. Hasil dari pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram dengan materi untuk keterampilan membaca Bahasa Prancis. Media pembelajaran terdiri dari menu utama, feeds (opening, les leçons, closing) reels (video 1,2, dan 3) serta highlight (quiz 1,2, dan 3). Uji validasi produk oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diuji coba setelah direvisi terlebih dahulu dengan hasil presentase penilaian oleh ahli media sebesar 81,6% dan dari ahli materi sebesar 93,3%. Produk telah direvisi berdasarkan masukkan yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi. **** This research aims to develop learning media based on Instagram social media for French reading skills in class XI SMKN. This type of research is development research or Research and Development (R&D) using the ADDIE research model which consists of five stages including analysis, design, development, implementation and evaluation. ). This research is only limited to the development stage. The material contained in the learning media consists of "Se Présenter", "Présenter Quelqu'un", and "À La Réceptionniste" as material studied by class XI students at SMKN 57 Jakarta. The results of this development produced learning media based on Instagram social media with material for French reading skills. Learning media consists of the main menu, feeds (opening, lessons, closing) reels (videos 1, 2 and 3) and highlights (quiz 1, 2 and 3). Product validation tests by media experts and material experts showed that the learning media developed was suitable for testing after being revised first with the results of the assessment percentage by media experts being 81.6% and from material experts being 93.3%. The product has been revised based on input provided by media experts and material experts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum. ; 2). Wahyu Tri Widyastuti S.Pd., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 25357 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:16
Last Modified: 21 Aug 2024 01:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50382

Actions (login required)

View Item View Item