FIRDA AWLIYA, . (2024) PENGARUH MEDIA CARDS OF CRITICAL THINKING (CCT) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI KELAS XI SMAN 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Cards of Critical Thinking (CCT) pada pembelajaran keterampilan menulis teks argumentasi pada peserta didik kelas XI SMAN 30 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain penelitian berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest yang didapatkan kelas eksperimen yaitu 58, sedangkan pada posttest mendapatkan 81. Pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest yang didapatkan yaitu 55, sedangkan pada nilai posttest mendapatkan nilai 70. Uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 26.0. Uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) pada pretest kelas eksperimen mendapatkan nilai Sig. 0,200 > 0,050 dan kelas kontrol mendapatkan nilai Sig. 0,200 > 0,050. Sedangkan pada posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai Sig. 0,156 > 0,050 dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai Sig. 0,167 > 0,050, maka dinyatakan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan rata-rata (based on mean) memperoleh nilai Sig. 0,188 > 0,050, maka dinyatakan data bersifat homogen yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,050, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Cards of Critical Thinking (CCT) pada pembelajaran keterampilan menulis teks argumentasi kelas XI SMAN 30 Jakarta. Berdasarkan hal tersebut, media Cards of Critical Thinking (CCT) dapat dijadikan media pembelajaran yang baik serta dapat menunjang kemampuan berpikir kritis peserta didik khususnya pada pembelajaran teks argumentasi. Media Cards of Critical Thinking (CCT) juga dapat diaplikasikan pada pembelajaran keterampilan lainnya seperti membaca, berbicara, menyimak, dan lain-lain. Kata Kunci: Media Cards of Critical Thinking, keterampilan menulis, teks argumentasi. *********** This study aims to determine the influence of Media Cards of Critical Thinking (CCT) on learning argumentation text writing skills in grade XI students of SMAN 30 Jakarta. The research method used is experimental quantitative research using a research design in the form of Pretest-Posttest Control Group Design. The samples used in this study were taken using the Simple Random Sampling technique so that class XI-2 was selected as an experimental class and class XI-4 as a control class. The average pretest score obtained by the experimental class was 58, while the posttest got 81. In the control class, the average pretest score obtained was 55, while the posttest score got a value of 70. Prerequisite tests are performed using the help of SPSS 26.0. The normality test (Kolmogorov-Smirnov) on the experimental class pretest and the control class obtained Sig. values of 0.200 > 0.050. While in the posttest the experimental class got a Sig. value of 0.156 > 0.050 and in the control class got a value of Sig. 0.167 > 0.050, it was stated that the data was normally distributed. The homogeneity test shows that the average (based on mean) obtained a Sig. value of 0.188 > 0.050, then it is stated that the data is homogeneous which means H0 is rejected and H1 is accepted. The hypothesis test conducted showed Sig. (2-tailed) values of 0.000 < 0.050, so there was a significant difference between pretest and posttest values. The data shows that there is an influence of Media Cards of Critical Thinking (CCT) on learning argumentation text writing skills grade XI SMAN 30 Jakarta. Based on this, Media Cards of Critical Thinking (CCT) can be used as a good learning medium and can support students' critical thinking skills, especially in learning argumentation texts. Media Cards of Critical Thinking (CCT) can also be implied in learning other skills such as reading, speaking, listening, and others. Keywords: Cards of Critical Thinking media, writing skills, argumentation texts.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. ; 2). Reni Oktaviani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 25544 not found. |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 21:15 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 21:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50396 |
Actions (login required)
View Item |