SYARAH ZAHRANI RUSLI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (849kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (334kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTA PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Menulis menjadi salah satu keterampilan Bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa. dikuasai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek dari penelitian ini adalah siswa sekolah dasar Kelas V SDN Batu Ampar 10 Pagi Jakarta Timur. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pengembangan Kemmis dan Mc Taggart. Pada penelitian ini ada beberapa tahap diantaranya, perencanaan, rindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan observasi, catatan lapangan, dan tes. Tes diberikan setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Pada tahap pra siklus hanya 15 orang dari 32 orang siswa yang mendapatkan nilai ≥72, 2) Siklus I terjadi peningkatan, namun belum sesuai dengan yang diharapkan dengan presentase 65,4% dan 18 orang yang sudah mencapai nilai ≥72, 3) Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan perolehan ketuntasan siswa mencapai 94% yang mana terdapat 29 orang siswa yang mendapatkan nilai yang sudah ditentukan. ***** This study aims to improve students' summary writing skills through the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. The subjects of this study were elementary school students of Class V SDN Batu Ampar 10 Pagi East Jakarta. This type of research is Classroom Action Research (PTK) with the Kemmis and Mc Taggart development model. In this study there are several stages including, planning, action, observation, and reflection of action. Data collection from this research is by observation, field notes, and tests. Tests were given at the end of each cycle. The results of this study are as follows 1) At the pre-cycle stage only 15 out of 32 students scored ≥72, 2) Cycle I there has been an increase, but not as expected with a percentage of 65.4% and 18 people who have reached the value ≥72, 3) Cycle II there was a significant increase with the acquisition of student completeness reaching 94% where there were 29 students who got the predetermined value.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Pd; 2). Yofita Sari, S.Pd, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 24245 not found. |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50435 |
Actions (login required)
View Item |