UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INQUIRY TENTANG GAYA MAGNET PADA KELAS V SDN SIRNAGALIH 02

RIZQA WAHDA ANNISA, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INQUIRY TENTANG GAYA MAGNET PADA KELAS V SDN SIRNAGALIH 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Inquiry pada siswa kelas V SDN Sirnagalih 02 Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Sirnagalih 02 yang berjumlah 44 siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus melewati beberapa tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan hasil belajar IPA mencapai 68,18% dengan 30 siswa dari 44 siswa yang berhasil meraih nilai ≥ 70. Pada siklus II hasil belajar IPA meningkat sebanyak 20,45% dan presentase berubah menjadi 88,63% dengan 39 siswa dari 44 siswa meraih nilai ≥ 70. Lalu hasil instrumen pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase sebesar 70% dan aktivitas siswa memperoleh presentase 68,75%. Hasil instrumen pemantau tindakan aktivitas guru dan aktivitas siswa meningkat pada siklus II. Aktivitas guru mencapai presentase sebesar 88,75% dan aktivitas siswa mencapai 86,25%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V SDN Sirnagalih 02 Kabupaten Bogor. ************ This research is a Classroom Action Research that aims to improve science learning outcomes through the Inquiry method in fifth grade students of SDN Sirnagalih 02 Bogor Regency. The subjects of this study were grade V students of SDN Sirnagalih 02, totaling 44 students. The research method used was classroom action research using the Kemmis & Mc Taggart model. This research was conducted over 2 cycles and each cycle consisted of 2 meetings. Each cycle goes through several stages of planning, implementation, observation and reflection. The results of the research in cycle I showed that the science learning outcomes reached 68.18% with 30 students out of 44 students who achieved a score ≥ 70. In cycle II the science learning outcomes increased by 20.45% and the percentage changed to 88,63% with 39 students out of 44 students achieving a score ≥ 70. Then the results of the teacher activity action monitoring instrument in cycle I obtained a percentage of 70% and student activity obtained a percentage of 68.75%. The results of the teacher activity action monitoring instrument and student activity increased in cycle II. Teacher activity reached a percentage of 88.75% and student activity reached 86,25%. From these data it can be concluded that learning science using the Inquiry method can improve science learning outcomes in class V SDN Sirnagalih 02 Bogor Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24135 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:30
Last Modified: 22 Aug 2024 01:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50439

Actions (login required)

View Item View Item