PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS III KELURAHAN CIPINANG MUARA

SHANIA ALYFIA DANY, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS III KELURAHAN CIPINANG MUARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas III SD. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent (posttest only) control group. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas III di SDN Cipinang Muara 14 Pagi, Jakarta Timur, yang dipilih menggunakan purposive sampling. Kelas III-B sebagai kelas eksperimen menggunakan model scramble, sementara kelas III-A sebagai kelas kontrol menggunakan model rotating trio exchange. Data dikumpulkan melalui tes 10 soal essay yang telah diuji validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitasnya Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble efektif dalam meningkatkan hasil belajar secara signifikan dibandingkan model rotating trio exchange. ********* This study aims to determine the effect of scramble type cooperative model on learning outcomes of Pancasila and Citizenship Education of grade III elementary school. The method used was quasi experiment with non-equivalent (posttest only) control group design. The research sample consisted of all third grade students at SDN Cipinang Muara 14 Pagi, East Jakarta, which was selected using purposive sampling. Class III-B as the experimental class used the scramble model, while class III-A as the control class used the rotating trio exchange model. Data were collected through a test of 10 essay questions that had been tested for validity, reliability, normality, and homogeneity. This shows that the scramble type cooperative learning model is effective in improving learning outcomes significantly compared to the rotating trio exchange model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Ika Lestari, M.Si. ; 2). Dr. Linda Zakiah, M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24921 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2024 23:36
Last Modified: 30 Sep 2024 04:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50456

Actions (login required)

View Item View Item