HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA KELAS V SDN KELURAHAN JATINEGARA JAKARTA TIMUR

LAILY NUR VIANDARI, . (2024) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA KELAS V SDN KELURAHAN JATINEGARA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis muatan IPA pada peserta didik kelas V di SDN Kelurahan Jatinegara Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jatinegara 02 Pagi, SDN Jatinegara 06 Pagi, dan SDN Jatinegara 15 Pagi menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa uraian soal untuk mengukur variabel kemampuan berpikir kritis muatan IPA dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis muatan IPA. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kemandirian belajar terhadap variabel kemampuan berpikir kritis muatan IPA sebesar 15,4% dan sisanya sebesar 84,6% dipengaruhi oleh faktor lain. ***** This study aims to determine the relationship between learning independence and critical thinking ability in science among 5th-grade students at SDN Kelurahan Jatinegara, East Jakarta. The sample in this study consists of 5th-grade students from SDN Jatinegara 02 Pagi, SDN Jatinegara 06 Pagi, and SDN Jatinegara 15 Pagi, using a cluster random sampling technique. Data collection was conducted using both test and non-test instruments. The test instrument used was an essay to measure the variable of critical thinking ability in science subjects, and the nontest instrument was a questionnaire to measure the variable of learning independence. The data analysis technique used was Pearson Product Moment correlation analysis. The results of the study indicate that there is a positive and significant relationship between learning independence and critical thinking ability in science subjects. The effective contribution of the learning independence variable to the critical thinking ability variable in science is 15.4%, with the remaining 84.6% influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23333 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:36
Last Modified: 22 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50483

Actions (login required)

View Item View Item