PERBANDINGAN PENGGUNAAN PEWARNA SINTETIS DAN PEWARNA ALAMI PADA PEMBUATAN RAINBOW TAPAI KETAN TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN

Batsyeba Victoria Wiyadhie, . (2016) PERBANDINGAN PENGGUNAAN PEWARNA SINTETIS DAN PEWARNA ALAMI PADA PEMBUATAN RAINBOW TAPAI KETAN TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak sampai daftar lampiran.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (168kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI RAINBOW TAPAI KETAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
skripsi rainbow tapai ketan bab 1 sampai dafpus - Copy.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan pewarna sintetis dan pewarna alami pada pembuatan rainbow tapai ketan terhadap daya terima konsumen yang meliputi aspek warna, rasa, aroma dan tekstur. Secara keseluruhan, produk sudah diterima baik oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Makanan, Program Studi Tata Boga, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015 sampai Desember 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah rainbow tapai ketan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah rainbow tapai ketan dengan penggunaan pewarna sintetis dan pewarna alami. Hasil perlakuan kemudian dinilai berdasarkan aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur dengan menggunakan uji organoleptik kepada 30 panelis mahasiswa Program Studi Tata Boga, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Jakarta. Hasil uji organoleptik dianalisis dengan menggunakan uji U Mann Whitney dengan taraf signifikansi α 0,05. Nilai tertinggi dari rata-rata pada rainbow tapai ketan adalah dengan penggunaan pewarna sintetis dengan nilai 4,27 pada aspek warna yang termasuk dalam kategori suka. Pada aspek rasa dengan nilai 3,97 yang termasuk dalam kategori agak suka, kemudian pada aspek tekstur dengan nilai 4,23 yang termasuk dalam kategori suka. Sedangkan rata-rata nilai tertinggi pada aspek aroma terdapat pada rainbow tapai ketan dengan penggunaan pewarna alami yaitu dengan nilai 4,27 yang termasuk dalam kategori suka. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap rainbow tapai ketan pewarna sintetis dengan rainbow tapai ketan pewarna alami, terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek warna. Sedangkan pada aspek rasa, tekstur dan aroma, hasil uji menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yati Setiati M, MM ; 2). Dr. Ir. Ridawati, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 23 Oct 2019 16:05
Last Modified: 23 Oct 2019 16:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item