YOLANDA DWI SAPUTRI, . (2024) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover-daftar isi.pdf Download (655kB) |
|
Text
BAB1 Pendahuluan.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB2 Landasan Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text
BAB3 Metodologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
BAB4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
BAB5 Kesimpulan dan saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Persepsi siswa tentang perhatian orang tua penting dalam membangun kecerdasan emosional siswa. Kontrol emosi, stabilitas emosi, keseimbangan emosi dan kematangan emosi akan diperoleh dari orang tua. Moral dan kepribadian yang diajarkan oleh orang tua yang bagus maka akan meningkatkan kecerdasan emosional dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dengan kecerdasan emosional siswa kelas IV sekolah dasar di kecamatan Setiabudi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Menteng Atas 14 sebanyak 90 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling two stage. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dianalisis dengan uji-t. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear dengan rumus yang di dapat yaitu Y = 27,258 + 0,343X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas IV sekolah dasar dimana nilai persentase yang diperoleh yaitu 6,8%. Oleh sebab itu perhatian orang tua sangat dibutuhkan untuk diwujudkannya kecerdasan emosional siswa . Kata kunci : Persepsi Siwa, Perhatian Orang tua, Kecerdasan Emosional ***** Students' perceptions of parental attention are important in building students' emotional intelligence. Emotional control, emotional stability, emotional balance and emotional maturity will be obtained from parents. The morals and personality taught by good parents will increase emotional intelligence in relationships with other people. This research aims to determine the relationship between students' perceptions of parental attention and the emotional intelligence of fourth grade elementary school students in Setiabudi subdistrict. The sample in this study was 90 grade IV students at Menteng Atas State Elementary School 14. Sampling used a two-stage cluster random sampling technique. The method used is quantitative with a correlation type. Data collection was carried out using a questionnaire and analyzed using the t-test. The data analysis technique used is a linear regression test with the formula obtained, namely Y = 27.258 + 0.343X. The results of the research show that there is a significant relationship between students' perceptions of parental attention and the emotional intelligence of fourth grade elementary school students where the percentage value obtained was 6.8%. Therefore, parental attention is needed to realize students' emotional intelligence. Keywords: Shiva Perception, Parental Attention, Emotional Intelligence
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 23598 not found. |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 05:54 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 05:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50501 |
Actions (login required)
View Item |