PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQ4R PADA SISWA KELAS V SDN PONDOK BAMBU 02

ELSA ADELIA FITRIYANI, . (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQ4R PADA SISWA KELAS V SDN PONDOK BAMBU 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan realisasi metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) di SDN Pondok Bambu 02. Bentuk penelitian yang dijalankan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V sejumlah 32 orang, 21 laki-laki dan 11 perempuan. Data diperoleh berdasarkan pengamatan, tes dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis pada tiap siklus yaitu dengan merefleksi pencapaian keberhasilan berbentuk persentase dan diperkuat oleh kesimpulan pada akhir pembelajaran. Peningkatan pada penelitian ini diyakinkan oleh pemerolehan rerata nilai keterampilan membaca pemahaman siklus I sebesar 86,5 (baik), lalu terjadi peningkatan sejumlah 89,31 (baik) di siklus II. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 88% (28 siswa tuntas). Kemudian, peningkatan pada siklus II sebesar 94% (30 siswa tuntas). Kesimpulan dari keseluruhan analisis hasil penelitian adalah metode PQ4R dalam pemelajaran berhasil membawa peningkatan terhadap keterampilan membaca pemahaman di SDN Pondok Bambu 02 pada siswa kelas V. Dengan demikian, metode PQ4R dapat digunakan untuk penelitian lainnya agar pembelajaran menjadi lebih bervariasi sehingga dapat menyempurnakan pembelajaran di sekolah dasar. ***** The research has the intention increase reading comprehension skills with the realization of the Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) method at SDN Pondok Bambu 02. This type is Classroom Action Research (CAR) with the subject of class V students as many as 32 children (21 boys and 11 girls. The data got from observation, tests, and documentation. Then, the data was analyzed by reflecting on the achievement by percentages and strengthened by conclusions. The improvement is proved by the mean value of reading ability in the first cycle which is 86,5 (good), then an increase to 89,31 (good) in the second cycle. The classical completeness in cycle I was 88% (28 students completed). Then, the increase in cycle II was 94% (30 students completed). The conclusion from all of the research results is the PQ4R method can enhance the reading comprehension skills of grade V student of SDN Pondok Bambu 02. Thus, the PQ4R method be able to use for other research so that learning becomes more varied so that it can improve learning in elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23080 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2024 00:03
Last Modified: 23 Aug 2024 00:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50522

Actions (login required)

View Item View Item