PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN LUBANG BUAYA 13

EURICO AKBAR DWI PRIAMBUDI, . (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN LUBANG BUAYA 13. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN (24) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian ini berada di SDN Lubang Buaya 13. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV-B di SDN Lubang Buaya 13 dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Adapun Skor Ketuntasan Minimum untuk tes kemampuan berpikir kreatif IPA yang diharapkan harus mencapai skor sebesar ≥80 dengan target ketuntasan sebesar 90% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan model Project Based Learning pada pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap siklus. Persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada pra siklus sebesar 31%, kemudian pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 72%. Pada Siklus II, kemampuan berpikir kreatif siswa kembali meningkat menjadi 91%. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran yang menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. ***** The research conducted aims to improve students' creative thinking skills in science learning in class IV SDN Lubang Buaya 13 East Jakarta through the application of the Project Based Learning (PjBL) model. This research uses a classroom action research (PTK) method that adapts the Kemmis and Mc Taggart model with the research stages of planning, implementation, observation, and reflection. The location of this research was at SDN Lubang Buaya 13. The subjects in this class action research were students of class IV-B at SDN Lubang Buaya 13 with a total of 32 students consisting of 18 boys and 14 girls. The Minimum Completion Score for the science creative thinking ability test is expected to reach a score of ≥80 with a target completeness of 90% of the total number of students. The results showed that there was an increase in creative thinking skills after applying the Project Based Learning model in learning which was marked by the increase in students' creative thinking skills in each cycle. The percentage of students' creative thinking skills in the pre-cycle was 31%, then in cycle I after learning using the Project Based Learning model there was a significant increase to 72%. In Cycle II, students' creative thinking skills increased again to 91%. Thus, it can be concluded that learning that applies the Project Based Learning (PjBL) model can improve students' creative thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd.; 2) Taofik, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23703 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:05
Last Modified: 23 Aug 2024 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50534

Actions (login required)

View Item View Item