PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABIL (MATEMATIKA DAN BILANGAN) UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

APRILLIA HANI TAQIYYA AZHAR, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABIL (MATEMATIKA DAN BILANGAN) UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (799kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini merupakan pengembangan media pembelajaran Matematika dan Bilangan (MABIL) untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Penulisan ini dilakukan di BKB PAUD Rosella Jakarta Selatan, dimana guru di PAUD hanya menggunakan bahan ajar lembar kerja siswa untuk mengenalkan konsep bilangan. Media ini dikembangkan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak..Jenis Penulisan Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan metode Penulisan ADDIE. Pada pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan yaitu: Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan melalui 2 tahap validasi: Validasi akhir ahli materi dengan hasil akhir dari keseluruhan presentase penilaian sebesar 93,1%. Validasi akhir dari ahli media dengan hasil akhir adalah sejumlah 89,1%. Hasil uji coba lapangan dengan hasil instrumen penilaian respon siswa uji skala kecil memperoleh skor keseluruhan sebesar 94%. Dari hasil validasi nilai ahli dan ujicoba, pengembangan ini mendapatkan predikat “Sangat Layak” untuk menjadi media pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan, ADDIE, Konsep Bilangan ****** This writing is an development of Mathematics and Numbers (MABIL) learning media aimed at introducing the concept of numbers to children. The development was conducted at BKB PAUD Rosella in South Jakarta, where teachers at the early childhood education center only use student worksheets to introduce number concepts. This media was developed to assess its feasibility and student response in introducing the concept of numbers to children. The type of writing is Research and Development using the ADDIE writing method. The ADDIE development process consists of 5 stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The learning media was developed through 2 stages of validation: Final validation by subject matter experts, with an overall assessment score of 93.1%, and final validation by media experts, with an overall score of 89.1%. Field testing results, with instruments assessing student responses in a small-scale trial, yielded an overall score of 94%. Based on the expert validation scores and trial results, this development has been rated as "Very Feasible" for use as learning media to introduce number concepts to children aged 4-5 years. Keywords: Learning Media, Research and Development, ADDIE, Number Concepts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd 2). Hikmah, MM.,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Aprillia Hani Taqiyya Azhar .
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:01
Last Modified: 26 Aug 2024 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50544

Actions (login required)

View Item View Item