ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK NIAT BELI ULANG KONSUMEN PADA MARKETPLACE

DANI SYIARUL ALIM, . (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK NIAT BELI ULANG KONSUMEN PADA MARKETPLACE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (888kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk niat beli ulang konsumen pada marketplace Shopee dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam model ini, tiga dimensi utama yang dianalisis adalah Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU) dan kepercayaan (trust). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 130 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi Shopee di Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan berusia 17-20 tahun yang sebagian besar berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Berdasarkan analisis faktor eksploratori (Exploratory Factor Analysis), penelitian ini berhasil mengidentifikasi tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap niat beli ulang konsumen, yaitu kemudahan penggunaan aplikasi, manfaat yang diperoleh dari aplikasi, dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap Shopee. Dari ketiga faktor tersebut, kemudahan penggunaan aplikasi dan manfaat yang diperoleh terbukti menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan niat beli ulang konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan mengkonfirmasi relevansi model TAM dalam konteks pembelian online di Indonesia, serta memberikan wawasan praktis bagi Shopee dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan fokus pada peningkatan kemudahan penggunaan dan manfaat aplikasi. Selain itu, peningkatan pada aspek kepercayaan konsumen juga diidentifikasi sebagai area yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk mempertahankan loyalitas pengguna. Kata kunci: Niat Beli Ulang, Marketplace, Shopee, Technology Acceptance Model (TAM), Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan kepercayaan (trust). ***** This research aims to analyze the factors that shape consumer repurchase intention in the Shopee marketplace using the Technology Acceptance Model (TAM) approach. In this model, three main dimensions are analyzed: Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), and trust. The research was conducted using a quantitative method with a questionnaire distributed to 130 respondents who are active users of the Shopee app in Bekasi City. The results show that the majority of respondents are females aged 17-20 years, most of whom are students. Based on Exploratory Factor Analysis (EFA), this study identified three main factors contributing to consumer repurchase intention: ease of use, perceived benefits, and consumer trust in Shopee. Among these factors, ease of use and perceived benefits are proven to be the most influential in increasing consumer repurchase intention. This study provides a theoretical contribution by confirming the relevance of the TAM model in the context of online shopping in Indonesia and offers practical insights for Shopee in developing more effective marketing strategies focusing on enhancing ease of use and perceived benefits. Furthermore, improving consumer trust is also identified as an area that requires more attention to maintain user loyalty. Keywords: Repurchase Intention, Marketplace, Shopee, Technology Acceptance Model (TAM), Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, trust.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Mohamad Rizan, S.E.,M.M. ; 2). Dr. Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E.,M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Users 25601 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2024 23:30
Last Modified: 25 Aug 2024 23:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50547

Actions (login required)

View Item View Item