HAYDAR AL FIKRI, . (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI RAMAH ANAK PADA SISWA DI SDN JAKASAMPURNA II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (864kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran PAI ramah anak sangat penting dilakukan di sekolah ramah anak agar tetap ada. Banyak cara agar siswa bisa meningkatkan prestasi di sekolah dasar, baik yang dilakukan setiap hari maupun hanya sekali, menjadi keuntungan bagi pendidikan saat ini. Tujuan dari sekolah ramah anak adalah untuk mengurangi kekerasan di sekolah dengan membuat tempat belajar aman dan nyaman dan pendidikan agama islam yang meningkatkan prestasi akademik siswa dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi bagaimana sekolah dan orang tua/wali murid bekerja sama dalam melaksanakan program Implementasi Pembelajaran PAI Ramah Anak Pada Siswa di SDN Jakasampurna II. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran pendidikan agama islam ramah anak dapat membantu siswa meningkatkan prestasi akademik. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data penelitian. Tempat penelitiannya adalah di SDN Jakasampurna II, yang terletak di Jalan Swadaya Raya, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Ini disebabkan oleh fakta bahwa sekolah tersebut adalah yang pertama di Bekasi yang mengklaim sebagai sekolah ramah anak. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan agama islam dan siswa. Untuk menguji validitas penelitian ini, digunakan triangulasi dengan sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis seperti pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, guru pendidikan agama islam dan siswa bekerja sama dengan cara mengadakan pertemuan, mendorong perilaku positif siswa dan siswi di kelas, dan memberikan bimbingan psikologi keagamaan yang ramah anak untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Dengan bantuan guru pendidikan agama islam, permainan merupakan media yang dapat membantu anak- anak belajar pai dengan cara yang ramah anak. Selanjutnya kedua, rencana pembelajaran pai ramah anak di SDN Jakasampurna II didasarkan pada elemen-elemen yang ada di dalam pembelajaran pai ramah anak di sekolah dasar. ***** Child-friendly PAI teaching is very important to be done in a childfriendlyschool to stay. There are many ways that students can improve their achievement inprimary school, whether done every day or just once, to benefit today's education. Thegoal of child-friendly schools is to reduce violence in schools by making a safeandcomfortable learning place and Islamic religious education that improves student academic achievement and is enjoyable for students. This research is to find out howthe school and parents/children work together in implementing the Child-FriendlyPAILearning Implementation Program on Students at SDN Jakasampurna II. This research describes and analyzes the implementation of child-friendlyIslamic education learning can help students improve academic achievement. Thisresearch is carried out through a descriptive qualitative approach. Observations, interviews, and documentation are methods of collecting research data. The researchsite is at SDN Jakasampurna II, which is located on Swadaya Raya Road, Bekasi West District, in Bekasi City. This is due to the fact that the school was the first in Bekasi toclaim to be a child-friendly school. Subjects of this research are teachers of Islamiceducation and students. To test the validity of this study, triangulation with the sourcewas used. This research uses analytical techniques such as data collection, datareduction, data submission, and conclusion drawings. The results of the research showed that first, Islamic education teachers andstudents collaborated in ways of holding meetings, encouraging positive behavior ofstudents and students in the classroom, and providing child-friendly religiouspsychological guidance to improve student academic achievement. With the helpofteachers of Islamic education, games are a medium that can help children learnpai inachild-friendly way. Next, second, the child-friendly pai learning plan at SDNJakasampurna II is based on the elements that exist in the children's friendly pai learningin primary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Izzatul Mardhiah, MA. ; 2). Dr. Rihlah Nur Aulia, MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 23956 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 00:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 00:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50576 |
Actions (login required)
View Item |