ALIF DIAN YUDHANI, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING, SHARING-GUIDED NOTE TAKING (RMS-GNT) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODOLOGI.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Aktivitas manusia cenderung mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan secara signifikan. Hal ini terjadi karena manusia tidak peduli dan memiliki kesadaran yang rendah dalam menjaga lingkungan. Pengetahuan manusia untuk sadar dan peduli akan lingkungan sekitar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran perubahan lingkungan. Namun, dalam proses pembelajaran perubahan lingkungan, peserta didik kurang menguasai konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan konsep perubahan lingkungan peserta didik dan menganalisis pengaruh model pembelajaran RMS-GNT terhadap penguasaan konsep peserta didik tentang perubahan lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian ini berjumlah 30 peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes penguasaan konsep, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RMS�GNT terhadap penguasaan konsep perubahan lingkungan peserta didik. Penerapan model pembelajaran RMS-GNT ini dapat dijadikan sebagai inovasi agar pembelajaran lebih bervariasi dan memiliki suasana baru untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. ***** Human activities tend to significantly reduce environmental quality. This occurs because people are indifferent and have low awareness in maintaining the environment. Human knowledge about becoming aware of and caring for the surrounding environment can be improved through environmental change learning. However, in the process of learning about environmental change, students often lack mastery of the learning concepts. This study aims to measure students' conceptual understanding of environmental change and analyze the effect of the RMS-GNT learning model on students' conceptual understanding of environmental change. The method used in this research is a Quasi-Experiment. The research sample consists of 30 students from the experimental and control groups selected through simple random sampling. The instruments used include a concept mastery test, learning implementation observation, and a student response questionnaire. The results of this study indicate that there is an effect of the RMS-GNT learning model on students' conceptual understanding of environmental change. The implementation of the RMS-GNT learning model can serve as an innovation to make learning more varied and create a new atmosphere to enhance students' conceptual understanding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, S.Pd., M.Pd 2). Nailul Rahmi Aulya, S.Si., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 25431 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 00:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 00:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50583 |
Actions (login required)
View Item |