PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF

HENDHY IRVAN DIANSYAH, . (2024) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 2_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada peningkatan jumlah peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan persepsi mahasiswa PGSD FIP UNJ terhadap anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data empiris tentang persepsi mahasiswa PGSD FIP UNJ terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dari 290 Mahasiswa sehingga di dapatkan sampel sebanyak 102 Mahasiswa. Pendekatan Penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Instrument penelitian yang digunakan berupa kuesioner tentang persepsi mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang yang memuat aspek seleksi, organisasi dan interpretasi dengan menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan skor 90,2% (92 responden) persepsi mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar sudah baik baik terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, artinya dalam berbagai aspek proses persepsi yaitu aspek seleksi, organisasi dan interpretasi menunjukan hasil yang baik. Sementara itu 9,8 % (10 responden ) mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang masih memiliki persepsi kurang baik terutama pada aspek organisasi. Hasil penelitian perdimensi juga menunjukan hasil yang baik 87,25 % pada aspek seleksi artinya dalam proses persepsi mahasiswa sudah baik dalam menemukenali anak berkeutuhan khusus, aspek Organisasi 86,27%, artinya mahasiswa dapat menentukan kelompok fisik dan psikologi anak berkebutuhan khusus, dan dimensi interpretasi 87,25% artinya mahasiswa sudah baik pendapat serta pandangannya terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD FIP UNJ angkatan masuk 2021 memiliki persepsi yang baik terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. ***** This study is based on the increasing number of special needs students in inclusive education schools and the perceptions of PGSD FIP UNJ students towards special needs children. The research aims to gather empirical data on the perceptions of PGSD FIP UNJ students towards special needs children in inclusive education schools. The sample was selected using Purposive Sampling from 290 students, resulting in a sample size of 102 students. The research approach is descriptive quantitative, utilizing a survey method. The research instrument was a questionnaire about the perceptions of elementary school teacher education students, covering aspects of selection, organization, and interpretation using the Guttman scale. The overall results indicate that 90.2% (92 respondents) of the elementary school teacher education students have a positive perception of special needs children in inclusive education schools, meaning that in various aspects of the perception process, namely selection, organization, and interpretation, the results are good. Meanwhile, 9.8% (10 respondents) still have a less favorable perception, particularly in the organization aspect. The results per dimension also show positive outcomes: 87.25% in the selection aspect, indicating that students are good at identifying special needs children; 86.27% in the organization aspect, meaning students can determine the physical and psychological groups of special needs children; and 87.25% in the interpretation dimension, indicating that students have good opinions and views towards special needs children in inclusive education schools. Based on these findings, it can be concluded that PGSD FIP UNJ students from the 2021 cohort have a positive perception of special needs children in inclusive education schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 23332 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2024 05:38
Last Modified: 29 Aug 2024 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50669

Actions (login required)

View Item View Item