NABILAH KHAIRUNNISA, . (2024) PENGENALAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI MELALUI VIDEO INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (522kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text
LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video interaktif mengenalkan mitigasi gempa bumi untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian Pengembangan dilakukan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) yang dikombinasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar pengamatan anak untuk melihat nilai kevalidan suatu produk. Diperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 100% (kategori sangat layak) dan hasil validasi dari ahli media sebesar 92,5% (kategori sangat kayak). Hasil uji coba produk dengan anak menggunakan one to one evaluation didapati nilai sebesar 91,8% untuk di Yogyakarta dan 80% untuk di Jakarta Timur, keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pengenalan mitigasi bencana gempa bumi melalui video interaktif untuk anak usia 5-6 tahun dinyatakan valid. Media ini membantu anak mengenal tentang gempa bumi dan cara menyelamatkan diri dari gempa bumi jika terjadi di sekolah. Untuk penelitian selanjutnya dapat meningkatkan aspek interaktif seperti membuat aplikasi permainan mengenai mitigasi bencana yang dapat di unduh oleh pengguna. Kata Kunci: Video Interaktif, Mitigasi Gempa Bumi, Anak Usia Dini (*****) The research aimed to develop interactive video media products introducing earthquake mitigation for children aged 5-6. Development Research used the R&D (Research and Development) development method combined with the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) development model. Data collection techniques used questionnaires and child observation sheets to assess the validity value of a product. Validation results from material experts are obtained at 100% (very decent category) and validation results from media experts are at 92.5% (very like category). The results of product trials with children using one-to-one evaluations find scores of 91.8% for Yogyakarta and 80% for East Jakarta, both of which are included in the very good category. Based on the results obtained, it can be concluded that the introduction of earthquake disaster mitigation through interactive videos for children aged 5-6 years is valid. This media helps children learn about earthquakes and how to save themselves from earthquakes if they occur at school. For future researchers, it is possible to enhance the interactive aspects by creating a game app about disaster mitigation that users can download. Keywords: Interactive Video, Earthquake Mitigation, Early Childhood
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr.Dra. Yuliani Nurani, M.Pd. ; 2). Dr. Sri Wulan, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 23442 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 00:25 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 00:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50676 |
Actions (login required)
View Item |