INTAN NURAINI, . (2024) MENINGKATKAN SELF-CONTROL DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KENARI 08. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan self-control peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Kenari 08 Jakarta Pusat. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik IV-A yang berjumlah 25 peserta didik. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Data self-control peserta didik dalam pembelajaran IPAS pada siklus I mencapai 64%, kemudian pada siklus Il mengalami 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan self-control dalam pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas IV-A SDN Kenari 08 Jakarta Pusat sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan self-control peserta didik dalam pembelajaran IPAS. ***** This classroom action research was conducted to improve students' self-control in learning Natural and Social Sciences (IPAS) through the application of the Student Teams Achievement Division (STAD) type cooperative learning model for fourth grade students. This class action research was conducted at SDN Kenari 08, Central Jakarta. The subjects of this study were IV-A students totaling 25 students. The classroom action research model used in this study is the Kemmis and Mc. Taggart model. Data on self-control of students in learning IPAS in cycle I reached 64%, then in cycle Il experienced 80%. The conclusion of this study is that the application of STAD type cooperative learning model can improve self-control in IPAS learning for class IV-A students of SDN Kenari 08 Central Jakarta so that teachers can use STAD type cooperative learning model as an alternative to improve students' self-control in IPAS learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Iva Sarifah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 23390 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2024 23:19 |
Last Modified: | 01 Sep 2024 23:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50708 |
Actions (login required)
View Item |