Hubungan Antara Kepercayaan Diri Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

EGA CHRISTIAN PARDEDE, . (2024) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File Cover_pdf.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN di Kelurahan Jati, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian ini akan menghasilkan ada tidaknya hubungan antara variabel bebas yaitu kepercayaan diri (X) dengan variabel terikat yaitu hasil belajar Pendidikan Pancasila (Y). Sampel penelitian diambil dengan Teknik Random Sampling. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis regresi dan korelasi sederhana. Berdasarkan pengolahan deskripsi, analisis, dan pengolahan data statistik yang telah diuraikan diperoleh persamaan regresi Y ̂= = -93,76 + 8,96X. serta uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,99 yang artinya variabel X dan variabel Y memiliki keberatan yang cukup kuat. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN di Kelurahan Jati, Jakarta Timur (tepatnya penelitian dilakukan pada SDN Jati 05 Pagi) yang berjumlah 60 siswa. Kontribusi positif antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila yakni sebesar 98,6%. Sisanya sebesar 1,4% variasi yang terjadi pada kepercayaan diri kemungkinan ditentukan oleh suasana proses belajar mengajar di dalam kelas, sarana, dan prasarana serta lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd 2. Prof. Ika Lestari, S.Pd., M. Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24787 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:09
Last Modified: 02 Sep 2024 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50736

Actions (login required)

View Item View Item